Desa Naru Barat Dan Parangina Sape Gelar Pelatihan Bersama Bagi Kader Posyandu, Lansia Dan KPM Ta.2023


Sape Bima NTB.Media Dinamika Global.id Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya bagi ibu dan anak,serta membekali para kader Posyandu dan Kader Lansia dengan pengetahuan dan keterampilan yang lebih mendalam dalam mengemban tugasnya termasuk Bagi KPM, pada hari ini Rabu,24/01/2024 Gabungan Dua Desa di Kecamatan Sape Kabupaten Bima yaitu Desa Naru Barat dan Desa Parangina sekitar 

mulai Pukul 14:30 Wita menggelar Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Kader Posyandu,Kader Lansia Pokja Posyandu dan KPM Desa yang bertempat di Balai Desa Naru Barat dengan Sumber Anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2023.


Kadis PMD Kabupaten Bima (Kamarudin,S.Sos) 

Dalam Acara tersebut hadir Langsung Kepala DPMDes Kabupaten Bima (Kamarudin,S.Sos) sekaligus memberikan kata pengantar nya dan menjelaskan secara singkat tentang Tugas,Fungsi dan Peran Kader Posyandu Di Desa.

Selain memberikan kata sambutannya,Kadis DPMDES Kabupaten Bima juga menjelaskan tentang maksud dan tujuan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas bagi Kader Posyandu dan KPM.

tujuan dari pada kegiatan Peningkatan Kapasitas ini, agar para kader Desa dan Operator SIP dan KPM mampu bekerja dengan baik sesuai dengan Peranan dan Fungsinya masing-masing demi terlaksananya pengisian Data-data seperti Jumlah Ibu Hamil, Jumlah Lansia, Jumlah bayi dan Balita, karena data dari KPM ini merupakan syarat pencairan DDS tahun yang akan datang.

Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas bagi kader Posyandu agar kader dapat pelajaran, keahlian, konsep, peraturan, atau sikap untuk meningkatkan pelayanan Kader Posyandu Desa Naru Barat dan Desa Parangina.

Semoga kegiatan ini bisa di ikuti sampai selesai oleh seluruh peserta Pelatihan Peningkatan Kapasitas.Tutur  Kadis DPMDES Kabupaten Bima 

Dalam acara ini juga dihadiri oleh Pendamping Desa (PD) Kecamatan Sape bersama Pendamping Lokal Desa (PLD) Naru Barar.

Narasumber (Ihwan Budiman,S.Sos.M.Ap)

Pada Kesempatan yang sama Hadir sekaligus menjadi Narasumber yaitu Kabid Sosbud DPMDES  Bima (Ikhwan Budiman,S.Sos.M.Ap) dan Ibu Rahmawati S.Umy,ST (Pejabat Fungsional DPMDES Kabupaten Bima.

Para Narasumber Menyampaikan Dalam mewujudkan harapan dan tujuan itu bukanlah hal mudah untuk dilakukan, namun ini merupakan sebuah tugas dan tanggung bersama untuk melakukan perubahan dalam status IDM Desa, maka pada kesempatan hari ini dilakukan Peningkatan Kapasitas supaya Ibu-ibu kader bisa mengerti dan lebih memahami bagaimana tata cara mengisi Buku Posyandu Keluarga, Aplikasi SIP dan bagaimana proses pelayanan masyarakat sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.

Nampak terlihat masing - masing  Narasumber  menjelaskan secara detail terkait dengan materi yang di sampaikan 

Untuk kesempatan pertama disampaikan Oleh Bapak Ikhwan Budiman,S.Sos.M.Ap)  menjelaskan tentang Tata cara Pelayanan Masing-masing Pos untuk masing-masing kader Posyandu dan Kader Lansia termasuk terkait dengan pencegahan dan penurunan angka Stunting di Desa.


Kemudian pada kesempatan kedua dilanjutkan dengan Ibu Rahmawati S. Umy, ST (Kasi Sosbud DPMDes) Kab.Bima menjelaskan tentang Proses Pengisian Aplikasi SIP, peranan dan Fungsi Kader Posyandu,lansia dan KPM.menjelaskan tentang Proses menentukan status Bayi dan Balita dan Bagaimana cara melakukan pengukuran Berat Badan, Lingkar Lengan,Gizi Ibu Hamil Bayi dan Balita.

Narasumber juga menjelaskan secara detail tentang Bagaimana tugas dan Fungsi Kader Posyandu dan KPM di Desa berdasarkan aturan aturan yang berlaku.

Ibu Mimin juga menyampaikan bahwa Tahun ini akan dilakukan Uji kompetensi Kader yang akan di uji oleh Pihak Puskesmas



Nampak terlihat kedua Narasumber juga memaparkan para kader,KPM dan SIP memiliki tugas strategis dalam membantu pemerintah desa dalam sektor kesehatan untuk upaya pencegahan stunting melalui laporan secara ungkap nya

Pemerintah Desa Naru Barat dan Parangina berharap dengan adanya peningkatan kapasitas kader posyandu ini bisa semakin menambah pemahaman para kader posyandu tentang administrasi dan pengelolaan Posyandu menjadi lebih baik.

Alhamdulillah kegiatan Peningkatan Kapasitas Pokjar Posyandu, Kader Posyandu, SIP dan KPM telah berjalan dengan lancar,tertib dan sukses yang dilanjutkan dengan Foto bersama.(Arf Sp/MDG.04)

Load disqus comments

0 comments