KPU Dompu Siap Mendistribusikan Logistik Pemilu 2024 Ke PPK Di Delapan Kecamatan


Ketua KPU Dompu, menyampaikan sambutan. 

Dompu, Media Dinamika Global.id.~  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu siap mendistribusikan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di delapan Kecamatan.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Dompu, Arifuddin, Ak saat menyampaikan sambutan di acara Rakor Persiapan Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Distribusi Logistik Pemilu serentak 2024 di Caffe Laberka pada Sabtu (10/2/24) siang. 

Menurutnya, KPU Dompu sekarang sudah siap untuk melaksanakan pengumutan dan penghitungan suara termasuk pendistribusian logistik di tiap-tiap wilayah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada. 

"Kami sudah siap dan kami sudah membentuk KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di seluruh TPS sebanyak 755 TPS dan satu TPS ada tujuh orang KPPS ditambah dua orang tenaga Linmas," katanya.

Kendati demikian, Arifuddin mengharapkan dukungan serta bantuan dari seluruh elemen masyarakat terutama Pemrinrah Kabupaten Dompu TNI maupun Polri. Apalagi, Pemilu adalah agenda negara atau nasional.

"Karena ini agenda negara, maka wajib bagi kita terutama Pemerintah Daerah, TNI dan Polri serta seluruh lapisan masyarakat untuk ikut andil dalam mensukseskan Pemilu serentak ini," harapnya. 

Selain itu, lanjut Arifuddin, KPU Dompu sudah perintahkan PPK, PPS dan KPPS untuk mengantisipasi pembangunan TPS, terutama jauh dari wilayah banjir agar dipindahkan ke tempat yang aman dari banjir. 

"Ini sebagai bentuk antisipasi kami, tapi insya allah kami meyakini bahwa pengumutan dan penghitungan suara dipastikan bisa dilaksanakan dengan baik dan lancar," yakin Arifuddin. 

Arifuddin kembali meyakinkan, bahwa di semua tingkat, mulai dari PPK, PPS dan KPPS sudah siap melaksanakan pengumutan da penghitungan suara. Bahkan sore ini, KPU Dompu akan mulai mempersiapkan untuk pendistribusian logistik. 

Jadi, Arifuddin menambahkan, sore ini logistiknya akan dinaikan ke truk untuk di distribusikan ke wilayah kecamatan yang jauh dan besok akan dilepas secara resmi oleh Bupati Dompu dan unsur Forkopimda. 

"Besok pagi pada pukul 08.30 Wita akan dilepas secara resmi untuk itu saya selaku ketua KPU mohon kepada semua pihak untuk bahu membahu dalam membantu kelancaran pelaksanaan Pemilu, terutama pendistribusian logistik ini," pintanya. 

Pendistribusian logistik dilakukan lebih awal, H-3 di wilayah-wilayah kecamatan yang jauh yakni Kecamatan Pekat, Kempo, Manggelewa, Kilo dan Kecakatan Hu'u. 

Kemudian H-2, pendistribusian logistik dilakukan di wilayah kecamatan terdekat yakni Kecamatan Woja, Dompu dan Kecamatan Pajo. 

Dan H-1, KPU Dompu sudah memastikan bahwa seluruh logistik sudah berada di TPS masing-masing.

"Kami harus pastikan, bahwa logistik ini sampai di desa-desa dan kelurahan TPS dengan aman selamat dan mudah-mudahan pelaksanaan Pemilu 2024 ini dapat berjalan sukses, aman, berintegritas dan bermartabat," pungkas Arifuddin. (sekjenMDG)

Load disqus comments

0 comments