Tasikmalaya Berduka! Badai Angin Dahsyat Sapu Pemukiman Warga Di Tasikmalaya Jawa Barat


Kabar,- Media Dinamika Global,Id,- Hujan deras dan angin kencang datang berbarengan di sebagian wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Akibatnya, sebagian wilayah selatan dan utara terkena dampak dari pohon tumbang.

Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang Kampung Cibatu, Desa Karyabakti, Kecamatan Parungponteng, Desa Tanjungpura.

Kecamatan Rajapolah, Kampung Cililitan, Desa Toblongan.

Kecamatan Bojongasih, Kabupaten Tasikmalaya. Insiden tersebut menyebabkan 26 rumah mengalami kerusakan dan puluhan pohon tumbang.

Ketua FK Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetya, mengatakan hujan deras disertai angin puting beliung yang terjadi di wilayahnya menerjang 3 kecamatan.

Data sementara sebanyak 26 unit rumah mengalami kerusakan ringan, sedang, berat. Namun kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa karena warga waspada ketika itu terjadi.


Hujan deras disertai angin puting beliung itu telah merusak rumah di Kecamatan Rajapolah tercatat 2 rumah rusak berat, 1 rumah rusak sedang dan 17 rumah rusak ringan kerugian mencapai Rp 450 juta, 4 unit rumah berada di Kecamatan Parungponteng rusak dan 1 unit rumah rusak di bagian atap di Kecamatan Bojongasih," kata Jembar, Kamis, 17 Januari 2024.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin, membenarkan peristiwa tersebut.

Beliau mengatakan hujan deras disertai angin puting beliung yang telah terjadi sekitar pukul 15.30 WIB di wilayahnya menyebabkan 26 unit rumah rusak berada di Kecamatan Rajapolah, Parungponteng dan Bojongasih.

Proses pembersihan pohon masih dilakukan petugas gabungan TNI, Polri, BPBD, Tagana dan masyarakat karena lokasinya itu berjauhan.

Saat ini 17 Januari 2024 sejumlah team BPBD beserta relawan masih melakukan pendataan dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak.(...).

Load disqus comments

0 comments