STKIP Tamsis Bima Melakukan PPL-KKN Didesa Campa Kecamatan Madapangga


Campa NTB, Media Dinamika Global.id.~ Kami selaku Posko PPL-KKN Desa Campa dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Bapak Muhammad, M.Pdi melakukan kunjungan ke Desa Campa, Kecamatan Madapangga untuk melakukan survei lokasi PPL-KKN Kuliah  Kerja  Nyata  (KKN)  dan  Praktik  Pengalaman  Lapangan  (PPL) .

Dan yang dilakukan di desa campa ini, tepatnya di kecamatan madapangga khususnya di provinsi NTB merupakan salah satu upaya yang  dilakukan  oleh  Universitas STKIP tamsis bima (tamsis) untuk  mengimplementasikan world  class institute  dalam  mengembangkan  integritas  dan  kapabilitas  mahasiswa  di  dalam mengemban  tugas  pendidikan,  penelitian,  dan  pengabdian  masyarakat.

Dan guna menerapkan  ilmu  yang  telah  diperoleh  selama  menjalani  kuliah.  KKN-PPL  di desa campa juga  merupakan  bentuk  kerjasama  antara  Universitas tamsis bima dan  Badan Alumni di desa campa.

Pelaksanaan  kegiatan  ini sebenarnya sudah yang ke-dua kalinya dilaksanakan oleh Stip tamsis dengan tujuan magang bukan KKN-PPL. Oleh karena itu oleh rector Stkip  taman siswa bima, kegiatan magang internasional ini dirubah menjadi kegiatan KKN dan PPL , jadi kami menjadi angkatan pertama untuk KKN-PPL Internasional di Stkip tamsis dan akan  berlanjut di semester berikutnya. 

Selain memberikan kesempatan mahasiswa tamsis mengembangkan  potensi  yang  dimiliki  untuk  terjun  ke  masyarakat, kegiatan  KKN-PPL  ini  juga  diharapkan  mampu  memberikan  distribusi  yang  besar kepada kedua belah pihak, pihak kampus Stikip taman siswa bima dan juga Badan Alumni tamsis. 

Mahasiswa  dari  Bima  yang berkesempatan  KKN-PPL  di  Desa Campa kecamatan madapangga mempunyai  kesempatan  yang  luar  biasa,  yang  mana  kita  sebagai  mahasiswa  tidak hanya  dituntut  sebagai  tenaga  pengajar  yang  mentransfer  ilmunya  kepada  peserta didik tetapi lebih dari pada itu, mengembangkan potensi dan membentuk kepribadian peserta  didik.  Luaran  yang  diharapkan  Badan  Alumni Stikip taman siswa  terkait pemberangkatan mahasiswa  ini, antara lain adalah bukan hanya untuk  memperbaiki  mutu Pendidikan.

Namun  juga  membangun  kembali  jati diri umat islam yang  lama-lama hilang terkikis oleh budaya yang terkenal dengan agama islam ini memiliki adat dan budaya yang jauh sangat berbeda dengan budaya Bangsa  Sehingga, budaya orang islam yang minoritas ini cenderung terkikis. 

Yang  saat  ini  dapat  kita  amati  akibat  dari  pengaruh  budaya  adalah minimnya Bangsa indonesia Padahal Bahasa adalah identitas  suatu  bangsa,  melalui  bahasalah  bangsa  itu  dikenal.  

Namun  anehnya, masyarakat  muslim ini,  yang  dulu  merupakan tidak begitu  tertarik PPL- KKN Didesa campa,  bahkan  mereka  malu  dan  lebih  suka PPL-KKN Didesa campa kecamatan madapangga.  

Mahasiswa  KKN-PPL  di  Desa campa dituntut  ilmu, dan.  Mengajar di sekolah tersebut ini adalah untuk mempertahankan budaya bangsa dan memupuk rasa cinta  pelajar  muslim  di desa campa.  

Oleh  karena  itu, kedatangan  mahasiswa  Stkip taman siswa diharapkan  mampu  membawa  perubahan  dengan menanamkan semangat kebangsaan.

Kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak Kepala Desa Campa berserta seluruh masyarakat yang telah menerima kedatangan kami dengan StkipTaman Siswa Bima. (sekjenMDG).

Load disqus comments

0 comments