Kades Punti Gotong Royong Memasang Bronjong Bersama Warga Masyarakatnya


Soromandi NTB, Media Dinamika Global.id.~ Sungai Desa Punti  yang terletak di Kec. Soromandi Kab. Bima memiliki arus yang deras. Aliran sungai yang berkelok dan berarus deras perlahan tapi pasti terus mengikis tanah bantaran sungai hingga mendekati pemukiman warga.

Pengikisan tanah yang terus menerus terjadi dapat mengancam keselamatan warga di sekitar sungai. Oleh karena itu, Pemerintah Desa punti berupaya mencegah pengikisan lebih lanjut dengan melakukan pemasangan bronjong sebagai penahan hantaman sungai Desa Punti Dorombubu.

Pemerintah Desa Punti melaksanakan Kerja Bhakti bersama warga masyarakat Desa Punti. dalam upaya pemasangan bronjong tersebut. Adapun lokasi kegiatan pemasangan bronjong berada di bantaran sungai Punti  dan Dorombubu,

Gotong Royong pertama dilakukan pada hari senin 1 Mei 2023 dan dilanjutkan pada hari selasa 2 Mei 2023. Seluruh elemen masyarakat turut serta dalam kegiatan tersebut. Mulai dari RT, RW, Karang Taruna, hingga masyarakat umum terlihat antusias dan bersemangat untuk bahu membahu dalam pemasangan bronjong agar resiko longsor dapat diminimalisir.

Program pemasangan bronjong tersebut tentu tidak dapat berjalan dengan baik tanpa ada uluran tangan dari warga maupun pihak-pihak lain yang telah membantu seperti DPU PR yang telah membantu memberikan 40 buah bronjong, BPBD yang memberikan 20 buah bronjong, dan lain sebagainya. 

Program ini sejatinya telah masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Akan tetapi, dari APBDes hanya mampu membelanjakan 20 buah bronjong akibat keterbatasan yang dimiliki oleh Desa punti Tidak adanya Pendapatan Asli Desa (PADes) membuat Pemerintah Desa punti mengalami kesulitan. 

Padahal program pemasangan bronjong ini begitu vital. 

Untuk itu, Ijman hakim selaku Kepala Desa Punti mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat dan pihak-pihak lain yang telah ikut serta membantu berjalannya program ini. (Sekjend MDG003).

Load disqus comments

0 comments