Dinas Kelautan dan Perikanan NTB Gelar Rapat Koordinasi IPAL


Mataram, Media Dinamika Global.Id._ Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi NTB, telah dilaksanakan rapat koordinasi pembangunan infrastruktur PPI Tanjung Luar bertempat di Ruang Rapat Nila Anjani Dislutkan Provinsi NTB. Jum'at, (10/03/2023).

Turut hadir, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Provinsi NTB Muslim, ST.,M.Si, Perwakilan DLHK Provinsi NTB, serta konsultan perencana.

Pertemuan ini mendiskusikan terkait pembagunan IPAL yang diawali dengan penjelasan konstruksi IPAL oleh konsultan perencana.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi NTB, Muslim, ST., M.Si mengatakan, bahwa spesifikasi IPAL yang dibuat harus sesuai dengan saran dan masukan dari DLHK Provinsi NTB.

"Gambar yang telah dibuat harus mengikuti masukan serta dapat diubah sesuai saran dari DLHK Provinsi NTB," tegas Muslim.

Lebih lanjut Muslim menjelaskan, bahwa limbah yang ditampung pada IPAL ini berupa limbah hasil pencucian dan pemotongan ikan bukanlah zat kimia atau zat berbahaya lainnya, jelasnya.

Sementara, Perwakilan DLHK Provinsi NTB mengusulkan agar dilakukan pengambilan sample dari limbah pencucian dan pemotongan tersebut untuk dilakukan uji labortatorium untuk mengetahui karakteristik limbah sehingga teknologi yang digunakan pada IPAL tersebut efektif dan efisien serta pemeliharaannya dapat lebih maksimal.

Kemudian, Kadislutkan NTB kembali mendorong agar konsultan perencana mengikuti saran dan masukan dari DLHK serta melakukan koordinasi lebih lanjut agar nantinya pembangunan infrastruktur PPI Tanjung Luar dapat memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat. (Surya Ghempar).

Load disqus comments

0 comments