Pelatihan Bersama Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu,Pokja Posyandu,SIP Dan KPM Ta.2022


Sape Bima NTB.Media Dinamika Global.id Untuk Meningkatkan Kapasitas dan Sumber daya Manusia (SDM) bagi Para Kader Desa maka pada hari ini Selasa 03 Januari 2023 yang  bertempat di balai Desa Naru Barat Kecamatan Sape Kabupaten Bima NTB Menggelar kegiatan pelatihan Bersama peningkatan kapasitas bagi kader posyandu, Pokja Posyandu, SIP dan KPM desa yang diikuti oleh Desa Naru Barat, Desa Parangina, Desa Jia, Desa Tanah Putih dan Desa Buncu,namun ada juga hadir kader KPM dan SIP dari Desa Naru dan Rasabou.

Dalam acara tersebut juga turut hadir  ibu Kepala Desa Naru Barat yang sekaligus memberikan Kata pengantarnya dan mewakili beberapa desa yang hadir.

Ibu Kades Naru Barat menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan peningkatan kapasitas ini agar para kader dan operator mampu bekerja dengan baik,dapat bekerja secara tertib demi terlaksananya pengisian data-data seperti jumlah ibu hamil, jumlah lansia, jumlah bayi dan balita.karena data dari KPM ini merupakan syarat pencairan TTS tahap 3 tahun yang akan datang.

Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk kita semua dan dapat diikuti hingga akhir acara nanti.


Turut hadir juga pada kesempatan ini yaitu kepala Dinas DPMDesa Kabupaten Bima H. Putarman,SE.MM dalam kata sambutannya ia menyampaikan bahwa dalam karirnya sebagai Kadis DPMDesa Kabupaten Bima ini adalah bukan Yang Pertama namun ini adalah kali yang kedua dalam menjabat sebagai kadis DPMDesa Kabupaten Bima, untuk itu saya memiliki harapan dan tujuan sebelum mengakhiri masa Paripurna tugas sebagai PNS ingin membawa Desa Desa di kabupaten Bima yang status IDM nya tertinggal ini menjadi status Desa berkembang maju bahkan menjadi Desa Mandiri sesuai dengan harapan dan visi undang-undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dalam mewujudkan harapan dan tujuan itu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan namun ini merupakan sebuah tugas dan tanggung jawab bersama untuk melaksanakan perubahan dalam status IDM desa maka pada kesempatan ini sangatlah tepat dilakukannya peningkatan kapasitas supaya bapak dan ibu-ibu kader dapat mengerti bagaimana tata cara mengisi buku Posyandu keluarga, Aplikasi SIP dan aplikasi EHDW dan bagaimana proses memberikan pelayanan masyarakat sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya

Nampak terlihat sebelum mengakhiri sambutannya Kepala Dinas DPMDESA Kabupaten Bima berkesempatan membuka acara pelatihan peningkatan kapasitas Kader Posyandu, Pokja posyandu,SIP dan KPM Desa secara resmi dan sekaligus mengingatkan beberapa desa yang belum mengisi aplikasi SIP agar dapat hadir dan mengikuti pelatihan pada kesempatan hari ini.

Pantauan awak media Pada kesempatan ini telah hadir empat orang Narasumber hebat pada instansi Dinas DPMDesa Kabupaten Bima dan Tenaga Kesehatan dari Puskesmas Sape.


Nampak terlihat masing-masing Narasumber menjelaskan secara detail terkait dengan materi yang disampaikan yang dipandu langsung oleh sekretaris desa Naru Barat Iskandar Zulkarnain ST sekaligus sebagai ketua Forum Sekretaris Desa kecamatan Sape.

Untuk kesempatan pertama disampaikan oleh : 

1. Bapak Syamsurizal S.Sos sebagai kasih Sosbud DPMDesa Kabupaten Bima yang menjelaskan tentang Tata Cara pelayanan masing-masing POS untuk masing-masing kader

2. Kemudian dilanjutkan dengan ibu Rahmawati,S. Umy,ST merupakan kasih Sosbud DPMDesa Kabupaten Bima menjelaskan tentang proses pengisian Aplikasi SIP dan EHDW sekaligus memandu beberapa desa untuk melakukan pengisian data dalam aplikasi tersebut.

3. Narasumber Selanjutnya ibu Suwarti SKM dari Puskesmas Sape menjelaskan tentang Gizi ibu Hamil bayi dan balita.

4. Dan Narasumber terakhir dilanjutkan oleh bapak Herman SKM Puskesmas Sape menjelaskan tentang proses menentukan status bayi dan balita dan bagaimana cara melakukan pengukuran berat badan lingkar lengan dan lain-lain.


Alhamdulillah kegiatan peningkatan kapasitas Pokja Posyandu kader Posyandu sip dan KPM desa dengan gabungan dari 4 desa yang ada di Kecamatan Sape telah berjalan dengan lancar tertib dan sukses yang dilanjutkan dengan foto bersama.(Arf Sp/MDG.04)
Load disqus comments

0 komentar