Kadis LHK NTB Dampingi Wagub Ummi Rohmi Resmikan KRC Balai KPH Rinjani Barat

Foto : Kadis LHK Provinsi NTB, Wakil Gubernur NTB, dan Asisten I.

Lombok Barat, Media Dinamika Global.Id -- 
Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd., menghadiri Peresmian Pusat Sumber Pengetahuan atau Knowledge Recource Centre (KRC) Balai KPH Rinjani Barat di Jl. Jenderal Sudirman Sayang-Sayang, Rabu, (28/12).


KRC tersebut dibiayai oleh Proyek Forest Investment Program II (FIP-2) Word Bank diapresiasi oleh Wakil Gubernur atas kerjasamanya sehingga diberikan bantuan oleh Bank Dunia.

Oleh karena itu, Wagub yang akrab disapa Umi Rohmi tersebut tentunya yang diharapkan oleh Bank Dunia bahwa gedung pusat pengetahuan yang diresmikan dapat berfungsi dengan baik secara berkelanjutan dan banyak dikunjungi oleh masyarakat. 

"Tidak hanya launching semata melainkan dapat berfungsi seperti judulnya sebagai pusat pengetahuan tentang kehutanan bagaimana pentingnya hutan sebagai sumber kehidupan," ungkapnya.

Selain itu, ditambahkan Umi Rohmi gedung ini bisa dijadikan tempat edukasi atau wisata edukasi karena zaman sekarang namanya wisata itu tidak hanya menikmati keindahan alam, tetapi wisata itu bisa dikemas dengan belajar menjadi satu paket wisata.

"Ini menjadi kesempatan bagi KPH bisa dibuka sebagai tempat belajar bagi anak-anak baik TK, SD, SMP dan SMA sesuai tingkatannya bisa datang kesini," tambah Umi Rohmi.

Diharapkan kedepan KPH Rinjani Barat bisa dekat dengan anak-anak sehingga mereka bisa memahami dan mengerti pentingnya menjaga lingkungan, menanam pohon dan lain sebagainya.

Sementara itu, Kepala Dinas LHK NTB, Julmansyah, S. HUT., M. A.P menjelaskan gedung ini menjadi yang kedua setelah diresmikan ibu Wagub di Batulanteh Sumbawa. KRC ini merupakan sebuah sarana dalam bentuk aplikasi sebagai pusat informasi pengetahuan tentang pengelolaan hutan dimasing-masing KPH.

"KPH ini tugasnya adalah melakukan updating terhadap informasi pengelolaan hutan di NTB," tuturnya.

Selanjutnya, penyerahan secara simbolis bantuan alat ekonomi produktif dan bantuan alat pemasaran online terhadap kelompok KUPS Gula Madu Desa Batu Mekar, dan KTH Tunas Lestari Desa Selelos serta Kelompok Usaha lainnya.

Peresmian KRC tersebut, turut dihadiri oleh Asisten l Setda NTB, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Kepala Bappenda, Sekdis Diskomifotik, jajaran KPH Rinjani dan tamu undangan lainnya. (MDG.01).
Load disqus comments

0 komentar