DLHK NTB Naik Kelas KIP dan Diserahkan Langsung Wagub NTB


Mataram, Media Dinamika Global.Id.--
Perjalanan panjang perangkat DLHK NTB menuju predikat OPD Informatif dari Komisi Informasi Provinsi NTB akhirnya terbayar lunas. Predikat tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. kepada Kadis LHK NTB, Julmansyah, S.Hut, M.A.P.

Penyerahan Predikat tersebut bertempat di hotel Lombok Raya Anugerah Keterbukaan Informasi Publik.

Turut dihadiri OPD Pemprov NTB, OPD Kabupaten/ Kota Se-NTB, KPU Kab/Kota se-NTB. Senin, (19/1222)

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah mengajak agar seluruh Badan Publik di seluruh NTB untuk aktif dalam hal keterbukaan informasi publik (KIP) . 

Ia mengatakan, KIP merupakan salah satu poin penting dalam pembangunan di suatu daerah.

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pada "Anugrah KIP Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2022 di Hotel Lombok Raya, Senin (19/12).

“Saya bersama Gubernur menjunjung tinggi KIP. Hal ini merupakan kebutuhan dan saat ini sesuatu yang ditutupi sudah tidak laku lagi. Mari kita saling terbuka akan informasi karena percayalah semakin kita terbuka semakin mudah kita bekerja,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Ummi Rohmi panggilan akrabnya mengatakan, bahwa dalam hal  keterbukaan informasi, Pemerintah Provinsi NTB memiliki komitmen tinggi yang dibuktikan melalui layanan inpormasi "NTB Care". NTB Care merupakan program unggulan Pemprov NTB sebagai media aspirasi dan layanan komunikasi dua arah antara Pemimpin dengan masyarakat NTB.

“Bentuk komitmen kami dalam hal keterbukaan, kami memiliki NTB Care yang merupakan layanan komunikasi dua arah antara Pemimpin dengan masyarakat. 

Keterlibatan masyarakat sangat penting sehingga masyarakat juga berbaur bersama-sama dengan pemerintah membangun NTB,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi NTB, Suaeb Quri , S.H.I, dalam laporannya mengatakan, ditahun ini terdapat peningkatan kualifikasi Informatif, salah satunya untuk kategori Badan Publik di tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov NTB.

“Terdapat penambahan sebanyak empat Badan Publik di lingkup perangkat daerah provinsi NTB dan terdapat pula Badan Publik yang tetap konsisten dalam mempertahankan prestasinya. Ini hal yang positif dalam keterbukaan informasi di NTB,” ucapnya.

Ia berharap agar Badan Publik yang belum masuk ke dalam kategori Informatif agar memberikan upaya yang lebih optimal agar ditahun depan mendapat prestasi yang lebih baik. 

Ditahun ini, Komisi Informasi NTB memberikan penghargaan 5 kategori, diantaranya kategori Badan Publik Vertikal, kategori Badan Publik Penyelenggara Pemilu, kategori Badan Publik Pemerintah Desa, kategori Badan Publik Pemerintah Kabupaten/Kota dan Kategori Badan Publik OPD lingkup Pemprov NTB.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat (DLHK NTB), Julmansyah, S.Hut., M.A.P mengucapkan terima kasih kepada setiap Perangkat Dinas LHK NTB, khususnya kepada UPTD, Balai/KPH Se-NTB yang selalu menjadi kontributor informasi dalam upaya meraih predikat OPD Informatif ini, ucap Kadis LHK NTB. (MDG.01).
Load disqus comments

0 comments