Kepala SMA Negeri 1 Palibelo, Memiliki Sejuta Konsep Kewirausahaan.


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global.Id. Menarik yang dilakukan oleh Kepala SMA Negeri 1 Palibelo Hj. Erot Sutianah, M.Pd dalam menuntun Para siswa-siswinya untuk menemukan jati diri serta bisa mandiri sejak dini. Senin, (24/10/22).

Semenjak Kepemimpinan perempuan yang memiliki sejuta ide dan kreatif, SMA Negeri 1 Palibelo kini menjadi salah satu Sekolah dengan berbagai macam Program didalamnya, sehingga mampu mencetuskan siswa yang memiliki kecerdasan, berkarakter dan kemampuan kreatif.

Hal ini, sesuai penjelasan Hj. Erot Sutianah, M.Pd Kepala SMA Negeri 1 Palibelo dikonfirmasi Media Dinamika Global di ruang kerjanya, saat ini saya melihat hal miris yang terjadi pada Siswa-siswi, misalkan, ketika mereka tamat sekolah, tidak ada lapangan kerja buat mereka, pada hal Masyarakat Bima khususnya memiliki animo tinggi untuk sekolah, pada akhirnya sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Ungkap Umi Erot.

Lanjutnya, jadi saya berpikir untuk memberikan Life Skill atau memberikan keterampilan yang melekat untuk mereka kerjakan, yang kalau digeluti dengan serius, bisa menjadikan lahan pekerjaan bagi mereka.

Seperti saat ini, di SMA Negeri 1 Palibelo, sudah memiliki siswa yang sudah saya didik untuk menjadi Jurnalis, mereka sudah bisa menyusun narasi untuk dijadikan pemberitaan, meski nantinya saya sortir untuk mereka perbaiki, setelah diperbaiki mereka akan membacakan berita itu seperti berita-berita di Televisi pada umumnya.

Hanya saja yang terlibat dalam proses ini tidak semua siswa, tapi paling tidak ini akan menjadi pemicu semangat belajar bagi siswa yang lainnya yang ingin berkembang dan menciptakan lapangan kerja, dan juga bisa memanfaatkan gadget atau HP kearah yang positif. Ungkapnya.


Ditambahkannya, selain Jurnalis, ada juga Ekstrakurikuler Wirausaha, dalam hal ini kita bisa memanfaatkan potensi yang ada, seperti pembuatan Abon dari bandeng, Rengginang (Arunggina Bre), dengan berbagai Varian rasa, seperti rasa strawberry, balado, vanila dan original. Kacang dari Desa Ntonggu, kita akan produksi menjadi Kacang Asin, kacang Ting -ting, Saroja, kripik singkong, dan masih banyak program yang kami lakukan dalam menciptakan lapangan kerja bagi siswa SMA Negeri 1 Palibelo, ketika mereka tamat sekolah nantinya.

Dan yang menarik lagi, Abon ini pernah kita titipkan di Stand UMKM saat event Motor GP Mandalika untuk di promosikan, dengan Label "Smansalibel", yang sebentar lagi akan berubah menjadi "Bima Qu".

Ada juga peluang besar kami tanamkan kepada siswa, saat ini kami sedang bekerja sama dengan Polres Bima terkait Polisi Siswa (Polsis), dengan cara ini siswa kami akan di arahkan dalam pembentukan karakter dan fisik, seperti pembinaan terkait tugas Polisi dilapangan, bagaimana menangani korban kecelakaan, korban tenggelam, korban kebakaran, hingga menangani bencana alam.

Terakhir, saat ini kami sudah mengirim 5 orang siswa sebagai Tim Media untuk mengikuti Festival Belajar Nusantara (FBN), diikuti oleh 8 Sekolah Se-NTB, salah satunya adalah SMA Negeri 1 Palibelo, sebelumnya diseleksi di RRI Mataram.

Dan kami bersyukur Siswa SMA Negeri 1 Palibelo masuk Nominasi, untuk lomba Senamnya dapat juara dua, Sepak Bola juara dua, dan lomba Reportase juga Jura dua. Semoga ini bisa membuka Mindset terhadap siswa untuk bagaimana menemukan jati dirinya, sehingga bisa meminimalisir tingkat pengangguran dan juga mengatasi kenakalan remaja. (MDG 002).

Load disqus comments

0 comments