BPD BUGIS SAPE GELAR MUSDES PEMBENTUKAN TIM PENYUSUN RKPDESA 2023


Sape Bima NTB.Media Dinamika Global.id Senin 10 Oktober 2022 mulai pukul 10:00 Wita Bertempat Di Balai Desa Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang difasilitasi oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Bugis Kecamatan Sape menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Perencanaan Pembangunan Desa tentang penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa  (RKPDESA) Tahun 2023 yang diawali dengan Pembentukan Tim Penyusun RKPDesa.

Nampak terlihat turut hadir pada kesempatan ini Kepala Desa beserta perangkat Desa,Ketua BPD dan Anggota, Kadua,Ketua RT dan RW,Babinsa,Bhabinkamtibmas,Pendamping Desa Kecamatan Sape (PDP dan PDTI), Pendamping Lokal Desa Bugis,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat,Tokoh Perempuan dan Pemuda.

Berdasarkan Absensi behwa jumlah Peserta Musdes RKPDesa hari ini sebanyak 57 orang yang terdiri dari 57 Laki -laki dan 7 orang perempuan.

Ketua BPD Bugis (Firmansyah,S.Pd) Dalam sambutan menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada pemerintah desa Bugis yang telah memfasilitasi Pelaksanaan Musyawarah Desa pada hari ini terutama Fasilitas tempat.



Musyawarah Desa Pada Hari ini dalam rangka pemerintah Desa dan BPD menindaklanjuti surat dari DPMDESA Kab.Bima yang masuk di Desa pada tanggal 25 Agustus 2022 Tentang Penyusunan RKPDesa Tahun 2023.

Penyusunan RKPDesa Merupakan Kegiatan Rutin Tiap tahun yang wajib dan harus dilaksanakan oleh setiap Desa berdasarkan pedomana dan aturan aturan yang ada.

Setelah Tim Penyusun RKPDesa hari ini terbentuk dan Di SK kan oleh Kepala Desa Tim akan melakukan pencermatan dan penyelarasan rencana kegiatan dan pembiayaan pembangunan desa terutama program kegiatan yang masuk ke Desa,selain itu TIM penyusun RKPDesa juga akan melakukan pencermatan ulang RPJMDESA.ungkap Ketua BPD 

Kepala Desa Bugis (Muhammad Akbar.SE) menyampaikan ucapan Terimakasih kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang telah menyelenggarakan MUSDES.

Kepala Desa Juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada undangan dan masyarakat yang sudah berkesempatan hadir di Balai desa untuk membahas tentang Proses Perencanaan Desa tahun 2023.

Setelah Tim Penyusun RKPDESA terbentuk dan menyusun Rancangan RKPDesa dan DU RKPDESA tim akan melaporkan kepada kepala Desa kemudian Pemerintah Desa akan melaksanakan Musrenbangdesa untuk menetapkan skala prioritas program atau kegiatan yang akan dikerjakan pada tahun 2023.

Dasar hukum Penyusunan RKPDesa berpedoman pada Permendagri 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa dan Permendesa No.21 Tahun 2020 Tentang Pedoman umum pembangunan Desa dan Pemberdayaan  Masyarakat Desa.

Pantauan awak media berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat Jumlah Tim Penyusun RKPDesa 2023 yang terbentuk sebanyak 9 orang Tim dengan Pembina dijabat langsung oleh Kepala Desa.

Setelah acara Musdes Penyusunan RKPDesa 2023 hari ini Pemerintah Desa Bugis berencana akan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDESA) pada hari Kamis,13 Oktober 2022.

Acara Musdes Pembentukan Tim Penyusun RKPDesa hari ini berjalan dengan lancar tertib dan sukses.(Arf Sp/MDG.04)

Load disqus comments

0 komentar