Berkolaborasi Dengan Pemerintah Kota Mataram, Disperin NTB Tutup Road Show Industrialisasi NTB Dengan Gemilang


Mataram, Media Dinamika Global.Id.__
Bekerjasama dengan Pemerintah Kota Mataram dalam Bazar UMKM Kota Mataram, Dinas Perindustrian Provinsi NTB menggelar Roadshow Industrialisasi Kota Mataram (Sabtu, 29 Oktober 2022), bertempat di Lapangan Sangkareang - Kota Mataram yang menghadirkan tema "Mataram Kota Kuliner". Tema yang diusung untuk menjadikan Kota Mataram sebagai salah satu sentra kuliner di NTB khususnya dan di Indonesia umumnya. Gelaran event ini menutup rangkapan panjang Road Show Industrialisasi NTB yang telah berlangsung di 10 Kabupaten/ Kota di NTB selama kurang lebih 1,5 bulan terakhir.


Dalam gelaran acara yang dibuka langsung oleh Walikota Mataram, H Mohan Roliskana ini, disampaikan bahwa peran Kota Mataram sebagai Ibukota Provinsi NTB jelas sangat mendukung dalam pengembangan industri jasa dan perdagangan, khususnya kuliner khas NTB. Hal ini untuk mengimbangi keterbatasan sumber daya mineral di wilayah kota yang kita selaraskan dengan pengembangan sumberdaya manusia sebagai modal dasar pengembangan industri kuliner tersebut.

Beragam kebijakan dan event seperti Bazar UMKM yang menghadirkan 100 IKM lokal ditujukkan untuk memberikan ruang kreatif kepada pelaku industri kuliner di Kota Mataram khususnya agar semakin tumbuh dan berkembang, yang akan berimplikasi pada peningkatan ekonomi daerah secara keseluruhan.

"Bazar UMKM ini diselenggarakan sebagai ruang kreatif dengan harapan agar berimplikasi pada peningkatan ekonomi daerah," demikian arahan Walikota Mataram, sekaligus membuka event sebagaimana dimaksud.

Selaras dengan hal tersebut, dalam sambutannya, Nuryanti, SE., ME. selaku Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB sekaligus Ketua panitia kegiatan roadshow, menyampaikan bahwa event Roadshow ini memang dihajatkan untuk membangun tumbuhnya ekosistem industri di NTB.


Kota Mataram, dalam posisinya sebagai ibukota Provinsi NTB, tentunya menjadi muara hilirisasi dari seluruh proses industri khususnya di sektor kuliner di NTB. Contohnya, kuliner Ayam Taliwang Vacum, dikemasnya di wilayah Mataram agar lebih bisa tahan lama, tapi bumbunya, ayamnya, telurnya tentu bisa berasal dari seluruh wilayah di NTB. Tentunya hal ini akan mendorong lahirnya Kampung Unggas, mendorong industri logam untuk membuat mesin penetas telur, dan para pelaku industri olahan lainnya akan berkontribusi sesuai dengan perannya masing-masing.

"Belum lagi, dengan beragam kuliner yang mulai tumbuh dan berkembang di lingkup Kota Mataram saat ini. Itulah yang ingin kita bangun sebagai sebuah konsep ekosistem industrialisasi NTB", tuturnya

Menggelar road show industrialisasi NTB di 10 Kabupaten/Kota tentu bukan pekerjaan mudah. Ikhtiar untuk menggagas ekosistem industri di NTB yang menjadi goal dari hajatan besar ini pun tentunya membutuhkan proses panjang dan berliku. Road Show Industrialisasi NTB yang ditutup dengan gelaran Road Show Kota Mataram ini pun seolah menjadi gong dari seluruh rangkaian acara Road Show Industrialisasi NTB yang telah diselenggarakan selama ini. 

Membangun ekosistem industri bersama pelaku IKM di NTB memang bukan sebuah hal yang mudah. Butuh kesabaran dan komitmen untuk terus melakukan pendampingan kepada para pelaku industri tersebut dalam membangun jejaring ekosistem industri di NTB. Khususnya untuk industri kuliner yang menjadi tema road show di Kota Mataram ini. Beragam cara kita lakukan untuk terus mendorong, mempercantik dan membangun kepercayaan diri pelaku IKM kuliner kita agar lebih percaya diri dan mampu bersaing di level yang lebih tinggi. 

"Tentu saja tidak hanya dari segi olahannya, namun juga pendampingan legalitasnya, izin edarnya, sertifikasinya dan beragam kebutuhan mendasar lainnya agar IKM kuliner kita bisa naik kelas", tambah kadisperin. 

Misi besar yang dimaksud dalam event Roadshow Industrialisasi NTB ini tentunya mendapat atensi baik dari banuak pihak. Kehadiran Dirjen Industri Kecil Menengah Dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI, Ir. Reny Yanita, M.Si, dalam event road show industrialisasi di Kota Mataram ini menjadi buktinya. Dukungan untuk terus mewujudkan ekosistem industri di NTB, khususnya dalam mengoptimalkan kekuatan SDM wirausaha di lingkup Kota Mataram dan posisi strategis Kota Mataram sebagai muara hilirasi produk industri kuliner di ibukota Provinsi tentu menjadi pertimbangan utama. Bagaimanapun, kerjasama antara Pemerintah Kota, Provinsi dan Pemerintah Pusat dalam mewujudkan misi besar tersebut tentunya harus terus terbangun dalam kerangka kerjasama yang berkelanjutan. 

Rangkaian panjang Road Show Industrialisasi NTB telah berakhir dengan Gemilang. Di pusat ibukota NTB, di Kota Mataram. Dentuman perkusi yang menandai dimulainya Bazar UMKM Kota Mataram menjadi penanda sebagai awal tumbuhnya ekosistem industri di Provinsi NTB. Keberhasilan Road Show Industrialisasi NTB di Kota Mataram dan Kabupaten lainnya di Provinsi NTB menjadi bukti bahwa sebuah jalan panjang memang harus selalu dimulai dengan langkah pertama. (MDG.01).
Load disqus comments

0 komentar