Wali Kota Bima Terima Kunjungan Tim Monev Implementasi Kurikulum Merdeka


Kota Bima. Media Dinamika Global.Id. Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) Menerima Kunjungan TIM Monitor dan Evaluasi (Monev) implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Kemendikbudristek Republik Indonesia pada hari ini. Selasa, (30/08/22).

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima pada Momentum itu mendapat Apresiasi dan Penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Kepada Pemerintah Kota Bima.

Atas Pencapaian terhadap Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Keaktifan Seluruh Satuan Pendidikan Terhadap Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar.

Kemendikbud Ristek dan Teknologi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Melakukan Kunjungan Kerja Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Merdeka.

Sekaligus melakukan Audensi dengan Bapak Walikota Bima serta melakukan Kunjungan Ke Sekolah SDN 25 Santi, SMPN 7 Kota Bima dan SMK PP Negeri Bima yang Telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka jalur mandiri berubah atau mandiri berbagi.

Direktur kemitraan Dunia Usaha, Dunia Industri Kemendikbudristek, Saryadi, ST. MBA. menyampaikan Tujuan Kegiatan ini melihat IKM di kota Bima.

SDN 25 Kota Bima salah satu sekolah dari ratusan yang di kunjungi dan ini murni di tujukan kepada daerah yang memiliki komitmen yang kuat, selain Itu Silaturahmi dengan Pemerintah Daerah kota Bima.

Melihat kesiapan KBM yang telah mendaftarkan mandiri berubah, Sosialisasi terkait penerapan IKM, dan esensi IKM, meluruskan miskonsepsi IKM, Mengenalkan dan mendorong pemanfaatan PMM.

Sekolah bisa mengoptimalkan komunitas belajar dan Membangun sinergis dan kolaborasi dengan daerah.

Keunggulan IKM antara lain ;

1. Lebih sederhana dan mendalam

2. Fokus pada materi esensial, sesuai kondisi      peserta didik

3. Lebih merdeka, sekolah memiliki                      kewenangan

IKM ini adalah pilihan, tergantung kesiapan satuan Pendidikan

Biasakan menggunakan teknologi untuk pembelajaran

Miskonsepsi Satuan Pendidikan yang menerapkan IKM, memiliki sarana memadai, bisa menerapkan IKM walaupun belum ada. Semua unsur pendidikan, melakukan refleksi diri, teruskan belajar berkelanjutan.

Tips untuk memahami IKM

1. Akun belajar dan PMM

2. Filosofi IKM di PMM

3. Pelatihan Mandiri, mengundang praktek        baik.

Pada Kesempatan ini Juga, Tim Bersilaturahmi dengan Walikota untuk Menyampaikan Penghargaan dan Apresiasi Atas Progres Positif dalam IKM kota Bima.

“Kota Bima Merupakan Salah satu Daerah yang luar Biasa memanfaatkan PMM” ujarnya.

Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) yang didampingi kadis Dikbud dan jajarannya menyampaikan Dukungan Penuh Terhadap IKM yang telah di terapkan pada satuan Pendidikan di kota Bima,

Mari Sama-sama terus Bergerak, Tergerak dan Menggerakkan Demi terwujud Profil Pelajar Pancasila. (MDG 002).

Load disqus comments

0 komentar