Pegawai Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima Meriahkan Festival Rimpu Kota Bima


Kota Bima. Media Dinamika Globa.Id. Pegawai Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima meriahkan festival Rimpu Kota Bima yang bertema "Rimpu Mantika", dalam rangka memperingati puncak HUT RI Ke-77. Sabtu, (27/08/22)

Rimpu adalah pakaian adat Bima bagi perempuan yang dibentuk dari sarung bima.Tradisi berbusana (Rimpu) bagi wanita muslimah dengan menggunakan sarung tradisional khas daerah Bima. Rimpu pertama kali diperkenankan setelah masuknya Islam di Kesultanan Bima, sebagai bentuk tata cara ajaran Islam dalam menutup aurat bagi setiap wanita muslimah.

Selain itu Rimpu merupakan Budaya Tradisional Bima yang masih dijaga kelestariannya hingga saat ini, "Rimpu ini adalah pakaian yang diperuntukkan bagi kaum perempuan, sedangkan kaum lelakinya tidak memakai Rimpu tetapi ”Katente Tembe” (menggulungkan sarung di pinggang). 

Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima turut hadir dalam menggelorakan festival pakaian adat ini, dimana perempuan mengenakan pakaian rimpu dan pria mengenakan saremba tembe. 

Festival ini diikuti oleh ribuan warga yang memiliki semangat yang sama, yaitu menjaga Budaya Bima. Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima sangat mengapresiasi pemerintah Kota Bima atas terselenggaranya dengan meriah, lancar dan aman. (MDG 005)

Load disqus comments

0 comments