Keluarga besar SMAN 3 Kota Bima, Ikut Memeriahkan Festival Rimpu Kota Bima.


Kota Bima. Media Dinamika Global.Id. Keluarga besar SMAN 3 Kota Bima ikut berpartisipasi memeriahkan pawai budaya memperingati Hari Kemerdekaan Ke-77 RI yang diselenggarakan oleh Pemkot. Sabtu, (27/8/22).

Para peserta star dari Lapangan Pahlawan Raba dengan mengenakan Rimpu yang merupakan sebuah budaya Tradisional dalam dimensi busana masyarakat Kota/Kabupaten Bima.

Selain dari Lapangan Pahlawan Raba, peserta pawai lainnya juga star dari Lapangan Merdeka Kota Bima, yang kemudian sama-sama finis di depan Kantor Walikota.

Rimpu yang dikenakan kaum perempuan ini sangat unik dan khas serta tertutup sebagaimana disyariatkan dalam ajaran Islam. Pakaian adat Rimpu ini secara umum dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni Rimpu Mpida dan Rimpu Biasa.

PakaianRimpu Mpida dikenakan oleh kaum perempuan yang belum menikah. Rimpu Mpida terbagi lagi ke dalam beberapa jenis, salah satunya adalah Rimpu Cili. Rimpu Cili menutup sekujur tubuh dan hanya menyisakan bagian mata yang terbuka sehingga menyerupai cadar, sedangkan Rimpu Biasa dikenakan oleh perempuan yang telah menikah. Sedikit berbeda dengan Rimpu Cili, Rimpu Biasa membiarkan bagian wajah penggunanya tetap terbuka.

Bila kaum hawa mengenakan rimpu, para laki-laki mengenakan saremba tembe dan katente tembe. Saremba tembe adalah mengenakan sarung seperti selempangan sedangkan katente tembe adalah melilitkan sarung ke pinggang hingga menutupi lutut.

Kepala SMAN 3 Kota Bima, Jon Hermansyah, S.Pd, M.Pd mengaku senang dan bangga dapat ikut serta memeriahkan pawai budaya tersebut. Menurutnya kegiatan seperti ini selain dapat melestarikan budaya daerah Bima, juga dapat meningkatkan perekonomian bagi masyarakat setempat. Pasalnya saat pawai digelar, banyak para penjual yang menawarkan berbagai jenis jajanan maupun produk lokal sehingga hal tersebut tentu saja dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal senada juga diungkapkan Wakasek Humas SMAN 3 Kota Bima, Suhada, S.Pd, M.Pd. Sebagai perempuan Bima, ia dan seluruh keluarga besar SMAN 3 Kota Bima mengapresiasi kegiatan yang diadakan dalam rangka memperingati HUT Ke-77 RI ini, karena dapat memperkaya pengetahuan masyarakat tentang budaya Bima terutama bagi para generasi muda. Suhada juga mengharapkan kedepannya acara seperti ini dapat dilaksanakan lagi sehingga dapat menjadi wadah untuk melestarikan budaya Indonesia

Pada pawai budaya kali ini para peserta juga menampilkan berbagai atraksi kesenian daerah Bima seperti hadrah, ndiri rawa mbojo, kareku kandei dan berbagai kesenian daerah Bima lainnya. (MDG 002).

Load disqus comments

0 komentar