Keluarga Besar Kodim 1608/Bima, Ikut Serta Memeriahkan Festival Rimpu Kota Bima


Kota Bima. Media Dinamika Global.Id. Puluhan Ribu Masyarakat dari berbagai wilayah di Kota Bima memeriahkan kegiatan Seni dan Budaya Festival Pawai Rimpu dalam rangka Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke - 77 Tahun 2022. Sabtu, (27/08/22).

Hadir dalam Kegiatan tersebut Walikota Bima Bapak. H.M. Lutfi, S.E, Dandim 1608/Bima Letkol Inf. Muhamad Zia Ulhaq, S.Sos, Kapolres Bima Kota  AKBP Rohadi S.I.K, Ketua DPRD Kota Bima Bapak. Alvian Indrawirawan, S.Adm, Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, SH, Sekda Kota Bima Bapak Drs. H. Mukhtar, MH, Danyon Brimob, Kasdim 1608/Bima Mayor CZI Edi Gustaman, Wakapolresta Bima Kompol Mujahidin, Asisten 1 Kota Bima Drs.H. Abdul Gawis 

Festival Rimpu kali ini di Bagi dua titik start dari Wilayah timur Titik Star di Lapangan Pahlawan Kelurahan Rabadompu yang di pimpin Walikota Bima Bpk.M Lutfi, S.E sedangkan dari Wilayah Barat titik start di Lapangan Kemerdekaan/Sarasuba dipimpin Ketua DPRD Kota Bima Bapak. Alvian Indrawirawan, S.Adm, walaupun ada perbedaan titik start, namun titik Finishnya sama di Kantor Walikota Bima.


Dalam Festival Rimpu dimana peserta Wanita menggunakan Rimpu sedangkan Laki laki menggunakan Saremba tembe. kegiatan ini juga bertujuan untuk  meningkatkan pariwisata serta  UMKM Kota Bima.

Kegiatan festival pawai Budaya Rimpu yang merupakan budaya warisan secara turun temurun oleh masyarakat Bima bertujuan menjunjung tinggi nilai ajaran Islam bahwa kaum wanita yang sudah aqil baligh diharuskan menutup aurat dihadapan yang bukan muhrimnya.

Pada Kesempatan tersebut, Dandim 1608/Bima Letkol Inf. Muhammad Zia Ulhaq, S.Sos selaku Putra Daerah Bima Mengungkapkan “Budaya Rimpu patut kita lestarikan dan kita jaga, karena Budaya Rimpu ini merupakan warisan leluhur dimana kita dapat mengenang kembali saat masyarakat Bima mengenal ajaran Islam.

Lebih lanjut Dandim menambahkan Rimpu merupakan pakaian pengganti kerudung (kerudung adalah khimar, bukan jilbab syar'i)

Budaya Rimpu telah hidup dan berkembang sejak berdirinya Kesultanan Bima, Tutup Dandim. (MDG 002).

Load disqus comments

0 comments