Deklarasi Pilkades, Ini Harapan Kadis DPMDes, Panitia Pilkades Tetap Menjaga Netralitas Berdasarkan Peraturan Undang-undang


Bima NTB. Media Dinamika Global.Id. Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akan dilaksanakan 22 Juli 2022 mendatang. Berbagai tahapan sudah dilakukan dan dilalui oleh beberapa Calon Kepala Desa, sebagai syarat untuk mengikuti pemilihan Kepala Desa. Kamis, (09/06/22).

Kali ini seluruh Calon Kepala Desa tengah mengikuti kegiatan Deklarasi Pilkades serentak pada 57 Desa SE Kabupaten, kegiatan ini digelar di Aula Kantor DPMDes Kabupaten Bima.

Deklarasi Pilkades Damai, Netral dan Lancar dengan melibatkan Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, BPD dan PANITIA PILKADES Se-Kabupaten Bima. 

Kepala DPMDes, H. Putarman, SE dalam sambutannya menyampaikan, pilkades kali ini merupakan momen penting bagi warga untuk menentukan kades 5 tahun berikutnya.

"Tentukan pilihan dengan baik dan benar, ini amat penting sehingga melahirkan pemimpin atau Kepala Desa (Kades) yang berkualitas," pungkasnya 

Lanjutnya, Beliau menegaskan, Panitia Pilkades tetap menjaga netralitas berdasarkan peraturan Undang-undang,

dalam aturan tidak ada istilah kedekatan atau hubungan darah antara panitia dengan calon kades (Cakades). Karena itu jaga netralitas, agar Pilkades berjalan aman, damai dan lancar," tegasnya.

Kapolres Bima Kota,AKBP. Henry Novika Chandra, S.I.K yang diwakili Kabag OPS, Kompol Nusran Nugrahan mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengsukseskan Pilkades serentak 22 Juli mendatang.

"Mari kita menyatukan persepsi dan pendapat, agar Pilkades serentak 57 Desa berjalan damai, netral dan lancar," ajak Kompol Nusran Nugraha.

Nusran Nugraha menyebut, sikap netralitas sangatlah penting terutama untuk panitia. Sebab selain perintah peraturan perundang-undangan, pun menjadi kunci Pilkades damai dan lancar.

"Buat para Cakades diharapkan memberikan pencerahan buat warga dan pendukung," harapnya.

Sementara Kapolres Bima, AKBP. Heru Sasongko, S.I.K melalui Kabag OPS, Kompol Herman,SH, menyampaikan pesan penting. Baik bagi panitia, Cakades maupun warga sebagai pemilih.

"Saling mengisi dan mengingatkan satu sama lain juga penting, karena setiap manusia tidak luput dari kekeliruan juga kesalahan hingga bahkan pelanggaran," tandasnya.

Disamping itu, panitia dihimbau untuk melaksanakan tugas, tanggung jawab dengan benar.Sehingga pilkades dapat berjalan aman sesuai yang diharapkan.

"Jalankan tugas dengan baik dan benar, tentunya dengan tetap berpedoman pada aturan yang telah ditentukan," pungkasnya.

Dandim 1608/Bima Letkol, Muhammad Zia Ulhaq yang diwakili Kapten Infantri Ibrahim, pun mengharapkan panitian untuk menunjukan netralitasnya bukan kedekatan atau hubungan dengan kandidat. Pungkasnya.

"Berikan rasa nyaman kepada pemilih, jangan sekali-kali intervensi hak pemilih. Jadikan Pilkades serentak ini sebagai contoh untuk pilkades selanjutnya.

Setelah berbagai bentuk kegiatan terlaksana, dilanjutkan dengan pengucapan bersama sumpah Panitia Pilkades serentak. (MDG 002)

Load disqus comments

0 komentar