Kodim 1608/Bima Hadiri Kegiatan Deklarasi Damai Pilkades


Bima NTB. Media Dinamika Global.Id. Sebanyak 57 Calon Kepala Desa (Kades) yang akan berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, bersama-sama mengikuti kegiatan Deklarasi Pilkades Damai, Netral dan Lancar di Aula DPMD Kabupaten Bima, Kamis, (09/06/22)

Deklarasi Pilkades Damai ini juga dihadiri oleh 100 undangan terdiri dari Forkopimda, Jajaran Danramil 1608/Bima, Kapolsek Polres Kota dan Kab. Bima jajaran Kepala OPD, Camat, Panitia Pengawas, Kades, Pj Kades, Plh Kades, Ketua BPD, Ketua Pemilihan Kades, serta Calon Kades. 

H. Putarman, SE, Selaku Kepala DPMD Kabupaten Bima dalam sambutannya menyampaikan kepada Penyelenggara , Cakades Bima 2022 agar sepatutnya menebarkan kedamaian saat berinteraksi langsung dengan masyarakat lewat Pilkades Damai, Netral dan Lancar, Jangan sampai proses Pilkada Justru malah menjadi alat untuk membelah dan memperhadapkan masyarakat, yang akan menimbulkan konflik sosial yang pada akhirnya akan merugikan kita semua.

Tambahnya, Pilkades 2022 bisa memiliki Pilkades Iklhas, Netral serta Damai. menjelaskan desa sebagai otonomi asli punya peran strategis sehingga perlu perhatian serius. Dengan telah ditetapkannya calon kepala desa sekaligus undian no urut calon kades 57 Desa maka untuk memahami tahapan selanjutnya untuk ciptakan iklim yang sejuk saat Pilkades perlu deklarasi damai ini.

Dandim 1608/Bima melalui Kapten Inf. Ibrahim dalam sambutannya, maksud dan tujuan deklarasi ini adalah untuk melaksanakan dan sukseskan Pilkades sesuai peraturan perundangan. Menciptakan, menjaga situasi yang tertib dan kondusif. Selain itu juga dapatanya dan disosialisasikan Deklarasi Pilkades Damai kepada seluruh pendukung dan simpatisan calon kades masing – masing.

Lanjutnya, pada kesempatan ini seluruh calon sengaja dikumpulkan guna melaksanakan ikrar damai secara seremonial, kegiatan ini dalam rangka agar semua calon kades menyamakan persepsi komitmen guna dukung Pilkades serentak jadi suatu ajang demokrasi yang bermartabat. 

Selain itu juga yang berintegritas, bebas kampanye hitam, hoax, isu SARA, ujaran kebencian, money politic dan sebagainya.

“Jangan sampai ada gesekan konflik oleh karenannya kami ingin ajak seluruh komponen masyarakat, stakeholder, se-Kab.Bima bisa bergandeng tangan sengkuyung dan sukseskan Pilkades serentak. Selamat berkontestasi semoga semangat persaudaran semangat kekluargaan bisa wujudkan Pilkades yang berintegritas, bermartabat, tertib aman dan kondusif,” tutupnya. 

Selain mengikrarkan komitmen Pilkades Damai, mereka juga mendatangani bersama komitmen tersebut di kain putih yang disediakan. (MDG 002).

Load disqus comments

0 komentar