FPT Sukses Digelar' Dunia Menyapa Tambora' Di Dorocanga Kec.Pekat Kab.Dompu,Ini Pesannya !


BIMA NTB. Media Dinamika Global.Id. Gelaran Akbar tahunan Festival Pesona Tambora (FPT) sukses digelar. Event dengan tema "Dunia menyapa Tambora' dihelat di Sabana Doro Ncanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu NTB berhasil diselenggarakan. Selasa, (07/06/22).

Memperingati meletusnya Gunung Tambora yang ke 207 ini berbagai event ditunjukkan. Sebut saja pertunjukan tarian tembe nggoli, pentas seni budaya, hingga dzikir bersama.

Dalam acara rutin tahunan ini dihadiri Gubernur NTB, Bupati Dompu, dan ribuan masyarakat berbagi daerah di NTB.

Penyelenggaraan letusan Gunung Tambora yang diselenggarakan sejak tahun 2005 ini. Para ahli menyebutkan sebagai "The Year without Summer" maksudnya tahun tanpa musim panas.

Dampak letusannya diakui melewati batas Benua Asia. Benua Amerika dan Eropa juga ikut merasakan betapa dahsyatnya letusan Gunung Tambora. Bahkan, dampaknya mampu mengubah iklim dunia.

Usai Kegiatan festival Tambora dalam rangka memperingati meletusnya Gunung Tambora yang Ke 207 Tahun, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Langsung bersihkan sampah usai kegiatan, ungkap Sekdis LHK NTB (Samsudin, S. hUt. M.Si.) saat dikonfirmasi media ini, Selasa (07/06). 

Kata Sekretaris Dinas LHK NTB, bahwa Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Dompu langsung memberikan sampah usai kegiatan festival Tambora tersebut mulai dari pintu masuk pendakian sampai pada pos 1 yang dimana Kadis LHK Kabupaten Dompu pimpinan kegiatan membersihkan sampah itu, kegiatan membersihkan sampah tersebut dilakukan pada hari Senin, 06 Juni 2022 kemarin, katanya. 

Kegiatan pembersihan sampah tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan agar masyarakat tetap nyaman dan tentunya menciptakan alam yang bersih, ucapnya. 

Kami tidak mau meninggalkan kesan yang tidak enak setelah mengadakan event-event seperti sampah itu, makanya kami kerahkan semua pasukan kuning dari LHK untuk terjun kelapangan untuk membersihkan sampah yang berserakan di lokasi festival Tambora, tutur kadis LHK Kabupaten Dompu melalui Sekdis LHK NTB. 

Saya mengubah kesadaran dan mengajak semua masyarakat bahwa persoalan sampah adalah tanggung jawab kita semua terhadap lingkungan, sekali lagi kami pertegas bahwa kami punya komitmen untuk menyelesaikan masalah sampah di padang savana ini, ujarnya. (MDG 002)

Load disqus comments

0 komentar