Kemenag Kota Bima Launching Manasik Haji


Kota Bima. Media Dinamika Global.Id. Kementerian Agama menggelar Kegiatan Manasik Haji secara langsung di Masjid Baitul Hamid Kota Bima, tahun 2022. M/1443H. Sabtu, (07/05/22)

Kegiatan tersebut selain Kementerian Agama selaku panitia pelaksana Manasik Haji, hadir pula Camat Raba, Ustad H. Ahmad S.Ag.MM, bersama 112 calon Jemaah Haji yang akan di berangkatkan pada tahun ini 

Pelaksanaan kegiatan tersebut direncanakan selama tiga pekan kedepan, dan akan di laksanakan pada setiap hari Sabtu dan Minggu, dan hari ini adalah merupakan hari pertama pelaksanaan kegiatan Manasik Haji secara langsung di Masjid Baitul Hamid.

Menurut pengurus Masjid Baitul Hamid Nama singkatnya (NNKA, MS) tahun-tahun sebelumnya kegiatan seperti ini diselenggarakan di dua tempat antara di Museum dan Masjid Terapung Amahami Kota Bima.

Adapun alasannya kenapa Kemenag Kota Bima memilih Masjid Baitul Hamid ini, yaitu salah satunya adalah fasilitasnya sangat memuaskan, terutama untuk Sound Sistemnya, pungkas (NNKA. MS)



Dalam sambutannya Camat Raba Ustad H. Ahmad S.Ag.MM, mengatakan bahwa para jamaah haji perlu membekali diri dengan ilmu sebelum berangkat ke tanah suci. Apalagi ibadah haji ini merupakan salah satu rukun Islam yang kelima yakni menunaikan Ibadah haji.

Lebih lanjut, Jamaah haji harus menyiapkan diri sebelum berangkat ke tanah suci, oleh karena itu persiapan yang paling utama adalah persiapan ilmu tentang manasik haji. Jangan sampai pengorbanan berupa waktu, tenaga, materil dikeluarkan menjadi sia-sia dikarenakan ketika sampai di tanah suci malah bingung mau melakukan apa. Ini bisa disebabkan jamaah tidak paham manasik haji,’’ pungkasnya.

Jadi manasik ini bertujuan membekali para calon jamaah haji tentang tatacara menunaikan ibadah haji. Hal itu sangat diperlukan sebagai dasar awal Jemaah Haji mempersiapkan diri dalam pelaksanaan ibadah haji. Tutupnya. (MDG 002).

Load disqus comments

0 komentar