Pengamat: Manuver Penyingkiran H. Mori Hanafi, Bakal Merugikan Partai Gerinda NTB


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id.-- Adanya rumor H. Mori Hanafi akan ditumbangkan dari jabatan sebagai wakil ketua DPRD NTB, oleh Partai Gerindra menjadi perhatian khusus salah seorang pengamat politik Dr. Kadri M. Saleh.


Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram ini menilai, langkah yang akan di ambil Partai Gerindra itu merupakan sebuah kebijakan yang tidak menguntungkan bagi Partai menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

“Idealnya, setiap kebijakan suatu Partai baik itu didalam melakukan proses pergantian Pimpinannya di Dewan harus didasari oleh pertimbangan yang rasional. Jika tidak dibarengi pertimbangan yang rasional tentu akan memunculkan pertanyaan dari banyak kalangan. Malah akan berujung pada munculnya penilaian minor terhadap partai itu sendiri seperti partai yang otoriter, partai yang tidak rasional dan tidak demokratis,” kata Dr Kadri, Selasa 5 April 2022.

Menurut Dr Kadri, jika rumor hal itu terjadi, tentu akan menjadi catatan tersendiri bagi masyarakat dalam menilai keberadaan suatu partai.

“Ujung-ujungnya nanti jika ini terus berkembang secara minor, maka ini akan berpengaruh terhadap menurunnya simpati masyarakat terhadap partai tersebut dan akan berpengaruh terhadap elektabilitas partai kedepannya. Apalagi saat-saat jelang Pemilu ini, setiap partai harus betul-betul menjaga image partainya dimata masyarakat agar tetap positif. Dan jangan sampai membuat blunder yang akan merugikan partai itu kedepannya,” ungkapnya.

Bagi Dr Kadri, sosok H Mori Hanafi sebagai wakil ketua DPRD NTB sangat luar biasa, memiliki pengalaman yang mumpuni di DPRD NTB sehingga kemampuannya tidak lagi diragukan.

Bagi Dr Kadri, sosok H Mori Hanafi sebagai wakil ketua DPRD NTB sangat luar biasa, memiliki pengalaman yang mumpuni di DPRD NTB sehingga kemampuannya tidak lagi diragukan.

“Itu dari sisi kapasitas Mori Hanafi, di bidang ekonomi dan keuangan. Sangat paham sekali soal konstruksi anggaran. Dengan kapasitasnya tersebut, saya banyak mendengar baik dari kalangan internal Dewan sendiri maupun dari kalangan eksekutif, kapasitasnya tersebut sangat membantu sekali dalam memperlancar tugas pembahasan anggaran. Bahkan dari pihak eksekutif sendiri saya mendengar sosok Mori Hanafi ini adalah sosok yang sangat bagus dan tepat dalam pembahasan anggaran,” terang Dr. Kadri.

Selain kapasitas mumpuni lanjut Dr Kadri, H Mori Hanafi memiliki kemampuan berkomunikasi yang handal.

“Sosok Mori Hanafi ini bersahabat dengan semua orang. Kepribadiannya sangat familier bagi semua orang dan sangat ramah. Tidak hanya terhadap konstituennya saja, akan tetapi juga terhadap semua kalangan. Di daerah pemilihannya yakni di Kabupaten Bima, Dompu dan Kota Bima atau yang dikenal dengan Dapil VI, Mori Hanafi terkenal sosok yang sangat royal. Dan jarang sekali mengatakan tidak atas permintaan dari konstituen dan berbagai kalangan,” cetusnya melansir dari pemberitaan Talikanews.

Dr Kadri menambahkan, dengan karakter dan kepribadiannya serta kapasitas juga kompetensi yang dimiliki Mori Hanafi tersebut, maka tidak heran di organisasi seperti KONI sendiri, langsung terpilih secara aklamasi karena di ingin kalangan organisasi tersebut.

“Aklamasi itu sendiri menunjukkan tingginya ekspektasi dari insan olahraga sendiri terhadap sosok Mori Hanafi paska keberhasilannya membawa Kontingen PON NTB Gemilang lolos sepuluh besar Nasional. Harusnya Partai Gerindra berbangga terhadap sosok kadernya sendiri yang memiliki prestasi besar dan tidak perlu merasa tersaingi dengan adanya prestasi tersebut dan tidak harus diganggu secara internal dengan isu pergantian dalam jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD NTB,” tutupnya.

Terkait rumor tersebut, Ketua DPD Partai Gerindra NTB, H L Pathul Bahri di konfirmasi, enggan memberikan tanggapan. Begitu halnya Ketua Badan Pengawas dan Disiplin DPP Partai Gerindra H Bambang Kristiono dan Sekretaris DPD Partai Gerindra, Ali Al Khairi.

Sumber: pusaranntb.com.
Editor: Pimred MDG.
Load disqus comments

0 comments