Cegah Fatalitas, Sat Lantas Polresta Mataram Cek Angkutan Umum Jelang Mudik Lebaran


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id.--
  Sat Lantas (Satuan Lalu Lintas) Polresta Mataram melakukan pengecekan kelayakan sarana angkutan umum lebaran tahun 2022, dan melakukan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) kepada penumpang bus di terminal bus Mandalika dan Pull Damri, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram. Jum'at, (22/04/2022) Pagi. 

Kapolresta Mataram melalui Kasat Lantas Kompol Bowo Tri Handoko SE SIK,  mengungkapkan, pengecekan tersebut untuk memastikan keamanan angkutan umum yang akan digunakan dalam kondisi siap pakai dan layak," ungkapnya.
"Pada hari ini, kami melakukan kegiatan pengecekan terhadap kendaraan angkutan umum yang digunakan untuk mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, dimana pengecekan tersebut meliputi cek rem, cek ban dan lain-lain untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas dan sekaligus memberikan sosialisasi protokol kesehatan (prokes) kepada penumpang yang melakukan perjalanan,” ucap Bowo.

Dalam kegiatan ini melibatkan Unit Gakkum dan Unit Kamseltibcar Sat Lantas Polresta Mataram bersama dengan Dinas Perhubungan Kota Mataram.

“Hal ini dilakukan karena pandemi Covid-19 pada dua tahun lalu ada larangan mudik, sehingga diperkirakan tahun ini terjadi kenaikan jumlah pemudik yang sangat signifikan," tandasnya.

Kompol Bowo juga berpesan cari tempat peristirahatan di sepanjang jalur mudik, demi keselamatan dan kenyamanan para pemudik. "Pemudik juga bisa mengingatkan sopir bila sudah terlihat lelah untuk istirahat,” ujarnya.

Secara umum, jelas Bowo kendaraan yang akan dimanfaatkan oleh para pemudik baik yang ada di terminal mandalika maupun perusahaan angkutan lainnya dalam kondisi normal. "Secara teknis bagus, alat-alat pelengkap seperti rem, sen, klakson dan lainnya berfungsi baik termasuk surat-surat kelengkapan kendaraannya," tutup Kompol Bowo. (MDG.01).
Load disqus comments

0 comments