Rakor Diskominfotik se - NTB. Dr. Najam: “Komunikatif, Informatif, Handal, Aman dan Optimum”


Sumbawa, Media Dinamika Global.Id.-  Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi NTB melaksanakan Rapat Koordinasi bersama perangkat daerah yang membidangi urusan komunikasi dan informatika dari Kabupaten/Kota se-Nusa Tenggara Barat, Selasa (29/3), di Hotel Grand Sumbawa Kabupaten Sumbawa.


Pada rapat tersebut, Kepala Dinas Kominfotik NTB , Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., M.M menjelaskan terkait lima elemen yang harus dilakukan pada Dinas Kominfotik, yaitu Komunikatif, Informatif, Handal, Aman dan Optimum.

“Kelima elemen ini harus ada, seperti halnya Komunikatif, di Bidang Ilmu Komunikasi Publik (IKP) agar Kepala Bidang IKP untuk dapat dengan para awak media maka diperlukannya elemen komunikatif dan informatif,” jelasnya.

Selain itu, elemen Handal berada pada Bidang Statistik yang mengawal salah satu program unggulan dari Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalillah. Program NTB Satu Data di provinsi lain menjadi program sampingan, namun di Provinsi NTB menjadikan program Satu Data menjadi program unggulan.

“Di NTB salah satu program unggulan Bang Zul dan Ummi Rohmi adalah NTB Satu Data, mungkin di Provinsi lain satu data dijadikan program sampingan, tetapi di NTB program satu data  masuk menjadi program unggulan,” ungkapnya.


Ia melanjutkan terkait elemen aman, pada Bidang Persandian dan Keamanan Informasi yang memiliki tugas untuk memfasilitasi tanda tangan elektornik dan mengamankan informasi.

“Tanda tangan scan itu memiliki nilai keaslian yang tidak sepenuhnya, sementara Ttd elektronik menjadi ciri khas dan tidak bisa dipalsukan,” pungkasnya.

Dan yang terakhir adalah elemen Optimum, pada Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) memiliki berbagai aplikasi, salah satunya e-sakip yang dapat dimanfaatkan oleh Kabupaten Kota agar nilai sakip seluruh Kab/Kota semakin meningkat. 

“Syarat agar sakip bernilai A apabila seluruh kabupaten kota memiliki nilai sakipnya B, caranya adalah harusnya Kabupaten/Kota menggunakan aplikasi e-sakip, ngga perlu buat aplikasi, bisa gunakan yang ada di Diskominfotik NTB dan ini sangat aman untuk digunakan,” jelas Doktor Najm.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa, Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd mengapresiasi atas sinergi dan kolaborasi yang dilakukan oleh Diksominfotik NTB untuk melakukan perjanjian kerja sama dengan seluruh diskominfotik Kab/Kota se – NTB.

“Provinsi tidak bisa berjalan sendiri, pastinya akan bersinergi dengan Kabupaten Kota. Kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran Kepala Dinas Kominfotik NTB beserta jajaran yang telah hadir ke Pulau Sumbawa,” ungkapnya.

Sumber: Diskominfotik NTB.
Editor: Pimred MDG.
Load disqus comments

0 comments