Lima Kepala Daerah Paparkan Rencana Strategis


Mataram,
Media Dinamika Global.Id.- Lima kepala daerah dari Pulau Sumbawa melakukan pemaparan dalam Pra Musrenbang, Selasa (29/3) ini.

 "Sesuai janji kami, hari ini kita akan belajar, mendalami, dan menganalisa berbagai program strategis Lima kabupaten/kota," kata Kepala Bappeda NTB Dr Ir H Iswandi MSc.

Wali Kota Bima HM Lutfi mengangkat tema membangun ketangguhan untuk meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. 

Capaian pembangunan daerah, isu strategis pembangunan, hingga prioritas pembangunan Kota Bima 2023. 

"Kita juga mendengarkan usulan prioritas Kota Bima," jelas Iswandi.


Berikutnya, Bupati Dompu Kader Jaelani mengangkat isu strategis dan prioritas pembangunan Dompu 2023. Dalam ulasannya, potret kinerja Dompu 2016-2021 dipaparkan.

"Dari paparan itu kita mengetahui sejumlah tantangan perekonomian yang dihadapi," jelasnya. 

Misalnya terkait penormalan perekonomian, hingga akselerasi produktivitas sektor andalan pembentuk PDRB daerah. "Termasuk optimalisasi PAD Dompu," jelasnya. 

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri mengangkat tema penguatan sumber daya manusia dan kawasan strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

Sejumlah isu strategis menyangkut sosial budaya, infrastruktur, hingga ekonomi juga disampaikan.

"Capaian indikator makro Kabupaten Bima juga tersaji," imbuhnya. 

Bupati Sumbawa Barat HW Musyafirin mengangkat tema memantapkan daya saing sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan perlindungan sosial yang menyeluruh.

"Gambaran umum hingga isu strategis soal daerah ini juga tersaji lengkap," kata Iswandi. 

Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah menjabarkan aneka isu strategis dan kegiatan prioritas. Semuanya disesuaikan dengan visi terwujudnya Sumbawa gemilang yang berkeadaban. "Dari Lima daerah ini kita melakukan analisa, pemetaan, mengkaji hal-hal yang harus dilakukan," jelasnya. 

Dia berharap, kegiatan hari ini mampu menghasilkan beragam kebijakan strategis. Titik tekannya, kebijakan tersebut harus sesuai kebutuhan masyarakat dan pembangunan daerah masing-masing.

"Bersama kita merancang semuanya demi masyarakat NTB," pungkasnya. (MDG.Red).
Load disqus comments

0 komentar