CAMAT SAPE RESMIKAN TAMAN BACA MASYARAKAT (TBM) KABUJU MATAROA DESA NARU BARAT SAPE


Sape Bima NTB.Media Dinamika Global.id Senin.28 Maret 2022 sekitar pukul 21:00 Wita Taman Baca Masyarakat (TBM) Kabuju Mataroa Desa Naru Barat Kecamatan Sape Kabupaten Bima NTB telah melaunching dan  secara Resmi Di Buka Oleh Bapak Camat Sape sebagai Tempat Literasi dan Perpustakaan Desa guna meningkatkan minat baca dan gerakan literasi masyarakat setempat yang berlokasi Di Dusun Kalo Desa Naru Barat.

Pantauan awak media Online Dinamika Global Turut Hadir Pada Kesempatan ini,Bapak Camat Sape (M.Akbar Musa.M.Si), Kapolsek Sape (Kompol Muslih) bersama Bhabinkamtibmas Naru Barat, Pemerintah Desa Naru Barat, Bapak Dan Ibu Calon Kepala Desa Naru Barat, Ketua BPD beserta Anggota,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Tokoh Wanita, PPPNB Desa Naru Barat dan Persatuan Republik Kaum Muda.


Nampak terlihat juga hadir Akademisi sekaligus sebagai Pematik Acara Launching Taman Baca Masyarakat Yaitu Bapak Kasman,M.Pd dan juga Kepala Perpustakaan Kabupaten Bima yang diwakili oleh Bapak Muaidin.S.Pd.Mm sekaligus memberikan bantuan beberapa buku keterampilan untuk TBM Kabuju Mataroa. 

Penggagas Taman Baca Masyarakat (TBM) Desa Naru Barat (Khairuddin.S.Pd) sekaligus Calon Magister ini  menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada semua Pihak mulai dari pemerintah Kecamatan Sape, Pemerintah Desa terutama dukungan dari seluruh masyarakat Desa Naru Barat sehingga TBM Kabuju Mataroa bisa kita bentuk dan Resmi dibuka pada malam hari ini.


Khairuddin Juga Menjelaskan bahwa Latar belakang berdirinya Taman Baca Masyarakat Kabuju Mataroa tentunya karena melihat dari pada realitas sosial masyarakat yang makin hariminat baca nya menurun (kurang). Oleh karena itu, dengan hadir nya Taman Baca Masyarakat Kabuju Mataroa ini agar  masyarakat, pemuda, siswa kecamatan sape pada umumnya dan khususnya masyarakat pemuda, siswa desa Naru Barat dapat menambah minat baca nya(ilmu pengetahuan).

Dan hadir nya Taman Baca Masyarakat Kabuju Mataroa ini tentu nya agar dapat di akses oleh semua kalangan yang ingin menambah wawasan keilmuan nya. 

Taman baca ini juga tentunya mengembangkan keterampilan berbahasa Indonesia, menyimak, berbicara, membaca, dan menulis serta hal2 lain dalam meningkatkan keterampilan anak2.Jelas Khairuddin. 

Abdullah H.Abidin Kepala Dusun Kalo sekaligus mewakili Pemerintah Desa Naru Barat sangat mendukung dan mengapresiasi Kegiatan Taman Baca Masyarakat Kabuju Mataroa,semoga kegiatan ini  kedepan Bisa sukses dan memberikan manfaat dan Kontribusi yang baik kepada Masyarakat terutama bagi anak anak kita nantinya dan semoga dengan adanya perpustakaan desa ini nalar dan pengetahuan Masyarakat diharapkan menjadi lebih tinggi.

Ustad Abdullah.S.Pd juga berharap kepada siapapun nanti Yang terpilih sebagai kepala Desa Naru Barat mohon dengan sangat melalui Dana Desa kegiatan literasi Desa ini untuk di bisa Dukung dan di Danai dan Alhamdulillah Pembangunan Tempat Literasi TBM Kabuju Mataroa yg secara resmi di buka pada malam hari ini bersumber dari Anggaran Dana Desa.Ungkapnya

Bapak  Camat Sape (M.Akbar Musa.M.Si) Juga Memberikan Kata Sambutan,Penyemangat dan Motivasi Untuk Penggagas TBM Kabuju Mataroa Naru Barat.


Camat Sape  mengungkapkan Bahwa untuk membekali generasi pemimpin masa depan,cara ampuh yang harus disiapkan adalah melalui pendidikan dan literasi, sehingga literasi tersebut diharapkan bisa menunjang kompotensi dan bakat untuk menjadi pemimpin.

Ini sebuah tantangan bagi penggagas Literasi Desa,karena untuk meningkatkan minat baca masyarakat saat ini memang sangat sulit,karena masyarakat sekarang dominan mencari dan membaca informasi dari Smartphone dibanding dari buku, padahal membaca buku mempunyai banyak manfaat seperti melatih daya ingat dan meningkatkan ide ide kreatif.Terang Camat Sape.


Dengan Mengucapkan  Bismillahirrahmaanirrahim Bapak Camat Sape secara Resmi Membuka Taman Baca Masyarakat  (TBM) Kabuju Mataroa Desa Naru Barat secara simbolis dengan pemotongan Pita.

Selanjutnya Acara dilajutkan dengan Penyampaian Materi singkat oleh Akademisi Hebat Bapak Kasman.S.Pd.M.Pd Praktisi Akademik Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (Stisip Mbozo Bima) Tentang membaca sebagai  keterampilan berbahasa dalam menyongsong masa depan yang sejahtera. 

Kasman.M.Pd Menjelaskan Di dunia ini setiap manusia mempunyai satu kesempatan untuk menjalani kehidupannya. Apakah menjadi orang yang sukses, bahagia, gagal, atau apartis, dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan masa depan yang sejahtera secara ekonomi partisipasi secara sosial dan demokrasi secara politik.  Kita harus menyadari benar bahwa membaca mempunyai peranan sosial yang amat penting dalam kehidupan manusia sepanjang masa. Mengapa? Pertama, membaca itu suatu alat. untuk melejitkan otak suapaya terlatih cara berpikir inovasi dan kreatif dalam kehidupan yang sejahtera, aman dan sentosa. Kedua.bahan bacaan yang dihasilkan dalam setiap kurun zaman dalam sejarah sebagian besar dipengaruhi oleh latar belakang sosial tempatnya berkembang dalam membangun peradaban suatu bangsa. Ketiga. Sepanjang masa sejarah yang terekam, membaca telah membuahkan dua kutub yang amat berbeda. Disatu pihak, membaca itu merupakan suatu daya pemersatu yang ampuh, cenderung mempersatukan kelompok-kelompok sosial dengan memberi pengalaman-pengalaman umum yang seolah-olah dialami sendiri dan menanamkan sikap, ide, minat dan aspirasi-aspirasi umum. Dipihak lain, membaca itu telah bertindak sebagai suatu daya pemecah belah, yang cenderung mempertajam perbedaan-perbedaan antar kelompok sosial dengan jalan merangsang serta mempertebal perbedaan pendapat-pendapat yang memperlihatkan eksistensinya. Demikianlah membaca telah membuahkan kutub-kutun baik yang konstruktif maupun yang destruktif. Karena itulah, salah satu masalah yang kita hadapi kini adalah menentukan cara-cara agar membaca itu dapat terlatih dengan baik dalam mempromosikan kesejahteraan pribadi dan kemajuan kelompok.Jelas nya..

Acara Berlangsung dengan lancar dan sukses dan berakhir pada pukul 22:30 Wita.(Arf/MDG.04)

Load disqus comments

0 komentar