Bupati Bima Berikan Pembinaan Dan Arahan Terhadap Kontestan Pilkades Kecamatan Bolo


Kabupaten Bima. Media Dinamika Global.id. Tahun ini terdapat tiga desa di kecamatan Bolo yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yaitu Desa Rato, Desa Rada dan Desa Sondosia. Berkaitan dengan pesta demokrasi aras desa tersebut, sebanyak 13 orang bakal calon, 21 orang Panitia Pilkades, para Kades, Bhabinkabtibmas dan Babinsa yang berasal desa Rato, Desa Rada dan Desa Sondosia Kecamatan Bolo Selasa (15/3) menyimak arahan dan pembinaan pelaksanaan Pilkades tingkat Kecamatan Bolo oleh Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE di Aula Kantor Camat setempat. Selasa, 15/03/22.
                     
Pilkades adalah cakupan kecil pelaksanaan Pilkada karena memiliki muatan yang sama yaitu dilaksanakan secara langsung dan ada tahapan-tahapan, baik pendaftaran calon, masa kampanye, minggu tenang dan sejumlah tahapan lain yang dilewati hingga hari pencoblosan". Ungkap Bupati.

Sebagaimana diketahui, terdapat 2 orang bakal calon kepala desa yang mendaftar di Desa Rato, 6 orang di Desa Rada dan 5 orang di desa Sondosia. Bagi desa yang memiliki calon dari 5 orang maka panitia akan melaksanakan ujian untuk menentukan nilai akan lolos 5 besar. Untuk ini, kehadiran kehadiran Bupati dan panitia kabupaten Bima untuk memberikan semangat kepada para panitia yang bertugas juga para bakal calon Pilkades serta memastikan semua tahapan Pilkades berjalan sesuai aturan, selamat dan sukses". Ungkap Bupati IDP.

Kepada para panitia yang telah ditunjuk Bupati mengharapkan agar bekerja secara profesional dan sistematis. Pastikan semua tahapan dicatat dan didokumentasikan dengan baik sebagai bukti untuk mengantisipasi jika ada tuntutan dari para kontestan. Disamping itu untuk menbghidari silang pendapat koordinasi intensif menjadi kuncinya. "Jika masih ada perbedaan pandangan, panitia dan para bakal calon bisa berkonsultasi dengan Dinas PMD". Imbuhnya.

Bupati yang didampingi Kepala Dinas PMD Tajudin SH,M.Si, Kepala Bakesbangpol Drs.H. Arifudin, Kadis Dukcapil Salahudin SH, M.Si, Camat Bolo Dra.Hj Arabiah, Kabag Hukum Amar Maruf SH dan Kabid Pemdes Safriatna Ach kembali menegaskan pentingnya partisipasi masyarakat.

Partisipasi masyarakat dalam Pilkades serentak tahun ini harus tinggi dan mencapai di atas 70% dan untuk mencapai target, panitia harus bekerja keras melakukan sosialisasi dan memastikan tidak boleh ada ruang bagi pihak manapun untuk mengintimidasi dan menghalangi masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pilkades". Tegas Bupati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bima Tajudin SH, M.Si dalam penjelasan teknisnya menekankan agar semua pihak yang terlibat dalam tahapan Pilkades serentak menjunjung tinggi sikap netralitas dan mengenyampingkan kepentingan pribadi agar Pilkades berjalan dengan lancar dan sesuai regulasi yang ada. MDG 002.

Load disqus comments

0 komentar