Pisah Sambut Kapolda NTB Berlangsung Meriah Namun Haru Pada Akhirnya

Welcome And Farewell Kapolda NTB


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.Id -- Acara welcome and farewell Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB) baru dan lama berlangsung meriah, namun diakhir kegiatan saat acara pelepasan Irjen Pol Mohammad Iqbal suasana berubah haru, beberapa PJU nampak bersedih bahkan ada yang meneteskan air mata.

Acara dimulai dengan jajar kehormatan untuk penyambutan Kapolda NTB yang Baru Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto di Gerbang Markas Komando (Mako) Polda NTB, Kota Mataram, Kamis (30/12/2021) pukul 10.00 Wita.

Berikutnya apel penyambutan Kapolda NTB yang baru dan pelepasan Kapolda NTB yang lama Irjen Pol Mohammad Iqbal di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Kota Mataram dan di lanjutkan dengan Upacara Pedang Pora.

Usai Upacara Pedang Pora, Irjen Pol Mohammad Iqbal menyalami satu persatu PJU Polda NTB dan anggota Polri lainnya yang berbaris hingga pintu Gerbang keluar Polda NTB.

Momen tersebut wajah semua orang berubah, terutama para PJU Polda NTB, beberapa PJU sempat meneteskan air mata seraya memeluk Jendral Bintang dua itu, seolah tak rela berpisah dengan sosok Iqbal yang dikenal humanis, ramah dan penuh canda itu.

Tak hanya itu Ny Nindya M Iqbal sempat tertahan saat bersama ibu-ibu Bhayangkari lainnya, seraya melontarkan kata-kata perpisahan sambil meneteskan air mata jua.

Setelah semua acara selesai di Mapolda NTB Kapolda NTB yang Baru Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto bersama Kapolda Riau yang baru Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK MH menuju Korem 162/WB menerima undangan Danrem 162/WB yang baru Brigjen TNI Lalu Rudi Irham Srigede yang menggelar acara khusus untuk menyambut Kapolda NTB yang baru dan Melepas Kapolda NTB yang lama.

Sebagai Kapolda NTB yang baru Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto merasa terhormat dan bangga serta terpukau dengan penyambutan dirinya.

Diakuinya, hal seperti itu jarang dilihatnya, baik acara yang ada di Polda NTB maupun yang ada di Korem 162/WB.

"Sinergitas TNI Polri di NTB ini sangat luar biasa," ungkapnya usai acara penyambutan di Korem 162/WB.

Dia berjanji akan melanjutkan apa yang ditinggalkan oleh Iqbal di Nusa Tenggara Barat, termasuk Sinergitas TNI Polri di NTB yang selalu sejalan dan seirama dalam setiap momen.

"Saya merasa terhormat dengan kegiatan ini, dengan apel kehormatan ini, tentunya rasa hormat saya ini akan saya mulai dengan Bismillah untuk mengaktualisasikan dalam bentuk soliditas kedepan dengan semua yang ada di Nusa Tenggara Barat," ujarnya.

Senada dengan Kapolda NTB Irjen Pol Djoko, Danrem 162/WB Brigjen TNI Lalu Rudi Irham Srigede usai acara penyambutan dan pelepasan Kapolda NTB di Makorem 162/WB mengaku bangga dengan sinergitas TNI Polri di NTB terutama saat penyambutan dirinya di Mapolda NTB beberapa waktu lalu oleh Irjen Pol Mohammad Iqbal sebelum Tongkat Komando Kapolda NTB pidah ke Kapolda NTB yang baru.

"Ini yang ke dua kalinya saya masuk mejadi Danrem disini, saya sangat bangga melihat soliditas dan sinergitas TNI Polri di sini, kemarin saya datang disambut dengan begitu hangatnya oleh Kapolda NTB yang lama beserta jajarannya, tentunya akan saya pertahankan terus, untuk itu kami bikin acara penyambutan dan pelepasan ini," terangnya.

Sementara Kapolda NTB yang lama dan mulai menjabat sebagai Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal SIK MH, mengatakan untuk anggota Kepolisian Polda NTB yang dibanggakan, serta yang akan dirindukannya, terutama yang rela bertahan di tengah lapangan untuk mengikuti apel meski hujan menerpa mereka.

Iqbal sebut, hujan rintik-rintik itu, sebuah tanda keberkahan dengan datangnya Kapolda NTB yang baru dan dirinya yang akan bertugas di Polda Riau sebagai pimpinan tertinggi disana.

"Mungkin saja penjaga langit sama perasaannya seperti saya bersedih meninggalkan NTB ini, karena NTB merupakan bagian dari diri saya," ungkapnya saat menyampaikan sambutan di Podium kehormatan Lapangan Bhara Daksa Polda NTB.

Dia ucapkan terimakasih kepada semua pihak dan semua orang yang telah mensupport dan mendukungnya selama dia bertugas di Nusa Tenggara Barat sebagai abdi negara.

Dia berpesan, jaga terus Soliditas TNI Polri, Pemerintah dan masyarakat di Nusa Tenggara Barat, dia juga yakin Kapolda NTB pengganti dirinya yang dia banggakan dan dia hormati, akan mampu membawa NTB lebih baik lagi.

"Insya Allah pengganti saya akan membawa kesejukan bagi NTB," pungkasnya.(MDG.001).

Load disqus comments

0 komentar