Buka Museum Asi Mbojo,Bupati Katakan ini Museum Di Hatiku.


Bima NTB.  Media Dinamika Global. Id. Buka Museum Asi Mbojo,Bupati Katakan ini Museum Di Hatiku. Hadir dalam kegiatan itu Para Perangkat Daerah Kab.Bima,Kepala Museum Mbojo Bima,dan stakeholder. Kegiatan itu menambah kecintaan terhadap Budaya dan Tradisi bagi Para Leluhur kita,Alat Peninggalan dari Zaman ke Zaman pada Zaman Kerajaan. Kegiatan ini berlangsung di Museum Asi Mbojo Bima dalam keadaan aman penuh khidmat,lancar,dan tertib pada Jumat,01/10/2021.

Pembukaan tirai oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE yang didampingi para Asisten dan Kepala Perangkat Daerah dan kepala museum Asi Mbojo menandai pembukaan Pameran Museum 2021 yang mengambil tema "Mbojo Mantoi, Jejak Peradaban Bima".

Pameran tersebut menampilkan berbagai warisan budaya Bima tempo dulu di arsitektur,  ornamen, naskah, teknologi tradisional dengan etnografi penyajian pameran juga dalam bentuk poster tentang warisan kebudayaan Bima yang akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 1 sampai 3 Oktober 2021.

Pada Kesempatan tersebut, Bupati juga menandatangani prasasti  "Monumen Kasipahu" yang menandai pembubaran Angkatan laut (Pabise) Kesultanan Bima pada masa pemerintahan Sultan Abdullah  1854-1868.

Juga  Prasasti Monumen Temba Ompu Toi (pejabat urusan dalam istana) yang berlokasi di di sisi selatan Istana Kesultanan Bima.  Temba Ompu Toi dibuat pada masa pemerintahan Sultan Muh. Salahuddin 1915-1951

Dan yang terakhir Bupati Bima mengajak dan mengharapkan agar kita selalu kembali pada sejarah Peradaban dengan Slogan "Ayo Ke Museum  Asi Mbojo. Dengan demikian kita dapat memahami bagaimana sejarah perjuangan para Pendahulu kita dari Zaman ke zaman. Pungkasnya

Sementara di Bagian lainnya Kepala Museum Asi Mbojo Bima dalam Kesempatan itu mengatakan rasa Haru,Bangga,dan Bahagia atas kehadiran dari Para Stakeholder terutama Bupati Bima,dan Seluruh Jajarannya yang telah membuka secara Resmi Pembukaan Pameran Museum ini sehingga kedepannya menjadi Museum yang terpopularitas di antara museum lainnya di Wilayah Indonesia. 

Di sisi lainnya Meseum ini menyimpan berbagai Benda-benda Purbakala dari Zaman ke Zaman,dengan adanya pameran ini akan di lihat oleh semua orang tentang bagaimana memahami arti penting dari Sebuah sejarah Peradaban atau Prasasti Monumen Temba Ompu Toi (pejabat urusan dalam istana) yang berlokasi di di sisi selatan Istana Kesultanan Bima.  Temba Ompu Toi dibuat pada masa pemerintahan Sultan Muh. Salahuddin 1915-1951.

Insyaallah Usai di Buka secara Resmi oleh Bupati Museum Asi Mbojo Bima tersebut akan menampilkan berbagai warisan budaya Bima tempo dulu di arsitektur,  ornamen, naskah, teknologi tradisional dengan etnografi penyajian pameran juga dalam bentuk poster tentang warisan kebudayaan Bima. 

Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 1 sampai 3 Oktober 2021. Situasi saat ini dalam keadaan aman,tertib,dan lancar yang di mulai sejak Pukul 10.30 wita hingga selesai. Kemudian yang terakhir kami sampaikan permohonan maaf apabila dalam pelayanan kami tidak sesuai dengan status sosialnya baik tempat Duduk ataupun hal lainnya. Harapnya(Ben MDG).

Load disqus comments

0 komentar