Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) diminta untuk Tingkatkan Layanan


Mataram. Media Dinamika Global. Id. Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR RI, meminta kepada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) untuk terus meningkatkan layanan akses internet secara optimal dan merata di seluruh wilayah Indonesia. 

Mengingat, banyaknya keluhan masyarakat terkait jaringan internet selama pandemic khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat..

Hal itu disampaikan oleh Dr. Najamuddin Amy, S.Sos, MM Kadis Kominfotik Provinsi NTB dalam Sambutannya pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I DPR RI di Hotel Illa Lite Lombok Tengah, Selasa (28/9/2021).

RDP itu membahas perkembangan pembangunan infrastruktur Telekomunikasi, jangkauan layanan Akses Internet dan tantangan pemerataan dan peningkatan kualitas layanan akses internet, terutama pada masa pandemi.

Hadir dalam rapat tersebut, H. BAMBANG KRISTIONO, S.E yang juga sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI, dan sejumlah anggota komisi I lainnya serta dari Sekretariat DPR RI, TV Parlement dan para Kepala Dinas Kominfo Kabupaten / Kota di Pulau lombok.

Dr. Najamuddin  juga menyoroti permasalahan blankspot di banyak wilayah Indonesia, terutama di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T). Sementara di kota besar, imbuh Kepala Dinas itu penurunan sinyal seringkali terjadi, misalnya di NTB  yang sudah mencapai 4G terkadang turun ke 3G atau 2G.

Disisi lainnya, Dr. Najamuddin mendorong agar persoalan Lemah Sinyal segera diselesaikan. Sebab, jika dibiarkan hal ini akan menganggu pelayanan publik. “Ini semua tujuannya untuk membantu kantor desa, puskesmas dan pelayanan publik lainnya. Jika dibiarkan, maka pelayanan publiknya akan terganggu dan tidak akan bisa terlaksana dengan baik,” Imbuh Bang Dr. Najamuddin.

Beliau juga menyampaikan keluhan masyarakat terkait penurunan jaringan internet selama pandemi. Menurutnya, kebutuhan masyarakat terhadap internet semakin meningkat, namun tidak dibarengi dengan pelayanan maksimal.

Karena itu, ia meminta BAKTI melakukan perbaikan untuk menyelesaikan persoalan ini. “Harus ada terobosan dan cara yang konkret untuk menyelesaikan aduan serta keluhan masyarakat soal internet ini,” menurut Bang Dr. Najamuddin, Panja Dukungan Internet dalam Masa Pandemi Covid-19 juga memberikan sejumlah catatan, salah satunya meminta operator seluler terus memaksimalkan layanan data sehingga terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh dan pelayanan UMKM.#NTBGemilang #diskominfotikntb

Load disqus comments

0 komentar