Menkominfo Berharap STMM Yogyakarta Mampu Siapkan SDM Bertalenta Digital


Jakarta. Media Dinamika Global. Id. Kementerian Komunikasi dan Informatika berharap bahwa Sekolah Tinggi Multimedia (STMM) MMTC Yogyakarta dapat menyiapkan sumber daya manusia (SDM) bertalenta digital. Sepert di Lansir TVRINews

"Diperlukan lahirnya SDM digital andal yang bisa berperan menghadapi perkembangan teknologi digital. Perguruan tinggi perlu mengubah program studi, kurikulum, dan karakter dosen. Hal ini untuk mendukung Indonesia memasuki industri 4.0 dan era transformasi digital yang dipercepat prosesnya karena adanya peristiwa pandemi Covid-19,” katanya dalam Kuliah Umum Virtual Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) STMM Yogyakarta, Sabtu (31/07/2021).

Langkah tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta untuk disiapkannya sumber daya manusia dengan talenta digital.

Menurut Menteri Kominfo Johnny G. Plate, SDM dengan kemampuan digital sangat penting dalam menjawab kemajuan teknologi. 

Menkominfo menilai bahwa perkembangan teknologi digital telah mengubah berbagai sendi kehidupan, termasuk sumber daya manusia dan tenaga kerja. 

Seperti yang diketahui, Kemkominfo akan mengembangkan STMM Yogyakarta menjadi Institut Digital Nasional - Universtity (IDN-U) pada 2022.

“Berkaitan dengan perkembangan ini, IDN-U akan dijadikan salah satu perguruan tinggi unggulan pencetak SDM digital. Oleh karena itu, diperlukan perubahan model kepemimpinan, penataan organisasi, penataan program studi dan kurikulum, serta pengembangan level pendidikan dengan jenjang yang lebih tinggi seperti halnya program pascasarjana,” ungkapnya.

Johnny menyebut peningkatan status STMM menjadi IDN-U sangat diperlukan untuk berperan menjadi perguruan tinggi andal setara World Class University.Editor: Dadan Hardian. Penulis : Riana Rizkia.(Team MDG)

Load disqus comments

0 komentar