Rakor Progres Perbaikan,Penyempurnaan Dokumen SAKIP KemenPANRB RI melalui Zoom Meeting


Mataram NTB. Media Dinamika Global. Id. Rapat Koordinasi progress perbaikan/penyempurnaan Dokumen SAKIP melalui Zoom Meeting, dalam rangka menindaklanjuti arahan Evaluator SAKIP Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI pada saat asistensi Dokumen SAKIP Perangkat Daerah Lingkup Provinsi NTB, dihadiri oleh Sekretaris DPRD - Mahdi, S.H., M.H. didampingi Kepala Bagian Keuangan - Muhariyadi Kurniawan, S.Sos., M.E. dan Kepala Sub Bagian Perencanaan - M. Afandi Yusuf, S.E. bertempat di Ruang Kerja Sekretaris DPRD Provinsi NTB pada Rabu, 14 Juli 2021.

Koordinator SAKIP mengatakan bahwa Untuk mengukur pengelolaan anggaran negara yang berorientasi hasil,Kementerian PANRB setiap tahunya melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja. Melalui evaluasi tersebut, Kementerian PANRB menyusun profil instansi pemerintah berdasarkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran. “Semakin tinggi nilai akuntabilitas kinerja, semakin tinggi pula efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran pada suatu instansi pemerintah,” jelasnya.

Selain melakukan evaluasi SAKIP, Kementerian PANRB juga melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi. Evaluasi dilakukan dengan melihat perbaikan tata kelola baik dari segi pengungkit maupun hasil.


Melalui evaluasi tersebut, Kementerian PANRB menyusun profil instansi pemerintah berdasarkan tingkat perbaikan tata kelola instansi pemerintah melalui pelaksanaan reformasi birokrasi. Beliau juga menjelaskan bahwa semakin tinggi indeks reformasi birokrasi maka semakin baik tata kelola instansi pemerintah sehingga dapat memberikan manfaat nyata bagi stakeholder dan berkontribusi pada capaian pembangunan nasional.

Kegiatan penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah tahun 2020 merupakan bagian akhir dari serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah. Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi pemerintah yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahannya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memacu pemerintah daerah untuk semakin meningkatkan kualitas tata kelola pemerintah dan semakin meningkatkan efektivitas penggunaan anggaran. Pungkasnya.(Tim MDG).

Load disqus comments

0 komentar