Irjen Pol. H. Mohammad Iqbal Dapat Apresiasi dari Aktivis Kepemudaan


Mataram-NTB, Media Dinamika Global.id - Pada 11 Mei 2021 genap satu tahun masa kepemimpinan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Pol. H. Mohammad Iqbal.

Telah banyak catatan prestasi diukir mantan Kadiv Humas Polri ini. Itu lantas mendatangkan pujian dan apresiasi dari Aktivis Kepemudaan, Karman BM.

Karman yang juga Direktur Al Mentra Institute ini, mengatakan beberapa poin keberhasilan Irjen Pol. Moh. Iqbal mulai terlihat saat ia menjadi Kapolda NTB. 

Dalam menjalankan tugas, Irjen Pol. Moh. Iqbal tidak sendiri. Ia berkolaborasi bersama elemen masyarakat, instansi pemerintah dan TNI. Bahkan, kelompok aktivis kepemudaan dan mahasiswa turut dirangkul.

"Ia menganggap para tokoh di luar kepolisian sebagai tim, tim dalam menjaga Kamtibmas," kata Karman, Minggu, 30 Mei 2021.

Dijelaskan, dalam membangun tim yang solid itu ia sering mengunjungi rumah para tokoh, hingga berkomunikasi menggunalan perangkat digital seperti instagram, dan video call.


Sinergi dan kolaborasi itu terlihat dari semua program yang dilakukan. Seperti lomba kampung sehat dan kampanye sehat. 

Dua program itu melibatkan semua komponen dalam menghadapi pandemi covid-19 dan mengawal penyelenggaran pilkada yang aman damai.

"Artinya, ia mengambil tanggung jawab untuk menjaga hak masyarakat tetap sehat, ekonominya hidup dan hak-hak politik warga terpenuhi. Terbukti pengendalian kasus covid-19 berhasil, aktivitas ekonomi bergairah, dan pilkada aman damai tanpa ada konflik horizontal," ungkap Karman.

Selain itu, di tongkat kepemimpinan Irjen Pol. Moh. Iqbal,  dalam waktu kurang lebih lima bulan berhasil mengamankan proyek strategis Mandalika tanpa ada yang cidera, dengan cara membentuk tim percepatan penyelesaian Mandalika yang terdiri dari berbagai unsur lembaga negara vertikal yang ada di NTB. Tim tersebut di antaranya adalah BPN, kejaksaan, pengadilan dan pemda. 

"Kerja tim ini memadukan legitimasi publik dan kepastian hukum. Dan dalam proses pembebasan lahan mandalika berjalan lancar, tidak ada korban. Ia berhasil mengajak semua pihak untuk mementingkan kepentingan NTB. NTB First di atas kepentingan yang lain," ujarnya.

Soal Kamtibmas, Kapolda NTB juga berprestasi menurunkan angka kriminal. Padahal, di tengah pandemi covid-19 yang berdampak pada sektor ekonomi masyarakat, memiliki potensi kriminal tinggi. Namun, justru di tangan Kapolda NTB saat ini, angka kriminal turun meskipun masih masa pandemi.

"Kapolda Irjen Pol. Moh. Iqbal juga dapat meningkatkan upaya preventif dan pre emptive. Melakukan deteksi dini dan upaya pencegahan. Sehingga kriminalitas di NTB selama setahun turun drastis," imbuhnya.

"Tentu banyak hal lain yang pantas diapresiasi dari Pak Irjen Iqbal yang tak cukup saya sampaikan. Semua itu membuat masyarakat NTB merasa beruntung memiliki Kapolda seperti dia," katanya. 

Ia berharap Kapolda NTB menjadi sosok yang dicintai masyarakat NTB dan Indonesia, serta terus meningkatkan prestasi.

"Saya berharap, pak Iqbal tetap menjadi sosok yang disenangi dan dicintai masyarakat NTB dan Indonesia dengan tetap menjaga serta meningkatkan prestasi itu" tutup karman. (MDG RED).

Load disqus comments

0 comments