5 Website Lapor Kecurangan Pemilu 2024 Selain Kawal Pemilu

Jakarta, Media Dinamika Global.id.~  Warga RI kini bisa melaporkan berbagai dugaan kecurangan yang ditemui selama proses Pemilu 2024 secara online. Ada 6 website yang dikelola oleh badan resmi atau kelompok sukarelawan yang bisa dijadikan tempat mengadu kecurangan pemilu 2024.

Tahap pencoblosan surat suara Pemilu 2024 telah usai. Meskipun hasil quick count telah menempatkan pasangan nomor urut 1 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai peraih suara terbanyak, hasil resmi Pemilu 2024 baru akan diumumkan bulan depan.

Sekarang masyarakat Indonesia yang menunggu hasil perhitungan suara untuk menentukan pasangan pemenang yang akan memimpin Indonesia 5 tahun ke depan bisa terus mengawal proses perhitungan suara hingga seluruh proses rampung dan KPU mengumumkan hasil Pemilu 2024.

Pemantauan, pengawasan, dan pelaporan kecurangan perhitungan suara melalui sejumlah situs dan aplikasi.  Semua platform tersebut memungkinkan pengguna atau masyarakat Indonesia mengawal langsung perhitungan suara di TPS. Masyarakat juga bisa terlibat langsung dengan mengirimkan hasil rekapitulasi suara tempat pemilihan.

Berikut informasi terkait platform pengawas pemilu lebih lanjut, dirangkum Kamis (15/2/2024):

Kawal Pemilu memungkinkan masyarakat ikut serta dalam memasukkan data hasil pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Masyarakat bisa memotret hasil pemilihan presiden atau formulir C-PPWP yang berisi hasil akhir.

Setelah itu, masuk ke situs kawalpemilu.org dan lakukan proses login. Berikutnya unggah foto hasil pemilihan ke dalam laman dan lampirkan juga angka hasil perhitungan suara.

KawalPemilu merupakan platform inisiatif urun-daya (crowdsourcing) dari netizen Indonesia yang bersifat PRO DATA, telah berdiri sejak tahun 2014 dengan tujuan utama menjaga keabsahan suara rakyat dalam pemilu melalui penerapan teknologi real count yang cepat dan akurat.

Misi utama dari KawalPemilu adalah mengawasi dengan cermat pelaksanaan dan penghitungan hasil Pemilu di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia dengan menggunakan teknologi yang mudah diakses dan dapat diandalkan.

Ketik kawalpemilu.org di GoogleKlik tombol Masuk lalu login dengan akun Gmail-muCari dan klik Provinsi -> Kota/Kabupaten -> Kecamatan -> Kelurahan -> No. TPS. Anda juga bisa mencari lokasi TPS Anda dengan mengklik tombol Cari, lalu ketikkan nama lokasinyafoto C.HASIL-PPWP atau C.HASIL SALINAN-PPWP halaman 2 yang jelas menunjukkan nomor TPS dan lokasinya (kelurahan, kecamatan), beserta angka perolehan tiap pasangan calonPastikan angka di formnya final dan telah ditulis dalam bentuk angka dan huruf, lebih baik lagi jika sudah ditandatangani KPPS dan para SaksiIsi angka perolehan tiap paslon dan klik Kirim.

Cara Kerja Kawal Pemilu

Siapapun bisa memfoto hasil pilpres dari TPS (C.HASIL-PPWP berisikan hasil akhir setiap paslon)login ke https://kawalpemilu.org/profile dan unggah foto tersebut, beserta angka hasilnyaFoto, hasil suara, dan lokasi TPS yang diunggah akan direview oleh moderatorHasil juga akan dicek ulang oleh sistem Kawal Pemilu

Berikut beberapa website yang bisa digunakan untuk melaporkan kecurangan Pemilu 2024:

Jaga Pemilu adalah platform yang dibentuk oleh para tokoh dari berbagai latar belakang. Rektor, pengusaha, eks KPK, Komnas HAM, hingga mantan ketua KPU ikut serta.

Warga RI bisa klim www.jagapemilu.com untuk melaporkan kecurangan secara anonim. Laporan ini akan diverifikasi lebih dulu sebelum ditindaklanjuti Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI.

Website www.kecuranganpemilu.com adalah buatan Koalisi Masyarakat Sipil yang terdiri dari Yayasan Dewi Keadilan Indonesia, Firma Hukum Themis Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Indonesian Corruption Watch (ICW), Drone Emprit, serta Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).

Lewat website ini, kecurangan dalam bentuk peta tiap provinsi. Bahkan, Koalisi Masyarakat Sipil juga mencantumkan penelitian terkait Peta Titik Rawan Kecurangan Pemilu.(red)

Load disqus comments

0 comments