2 Unit Rumah Warga Desa Jia Kec.Sape Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik


Sape Bima NTB.Media Dinamika Global.id Rabu 31 Januari 2024 Sekitar pada Pukul 19:20 Wita yang berlokasi di Rt.011/Rw.006 Dusun Mubarakah Desa Jia Kecamatan Sape Kabupaten Bima terjadi peristiwa Kebakaran yang menyebabkan 2 unit rumah panggung 9 Tiang terbakar dengan kondisi Rusak Berat dan Rusak Ringan.

Adapun Dua Unit Rumah yang terbakar tersebut Sebagai Berikut:

1. Rumah milik saudara Amirullah umur 45 tahun Pekerjaan petani dengan alamat Dusun Mubarakah Rt.11/Rw.06!Desa Jia Kecamatan Sape.(Rusak Berat)

2. Rumah Milik Saudara Hima Nia umur 70 tahun, Pekerjaan Petani dan alamat Dusun Mubarakah RT.11/RW.06 (Rusak Ringan)


Berdasarkan Informasi yang dihimpun oleh Awak Media ini bahwa (Ramlah) istri dari Bapak Amirullah saat ini telah dilarikan ke Puskesmas Sape guna mendapatkan perawatan medis dan pertolongan pertama,dirinya sempat terluka saat berusaha menyelamatkan barang - barangnya.

Kebakaran tersebut Diduga akibat korsleting arus pendek listrik yang menyebabkan 2 unit rumah terbakar.

Masyarakat yang melihat kobaran Api Berteriak minta tolong dan bahu membahu berusaha memadamkan api dengan alat seadanya sambil menunggu datangnya Mobil Pemadam.

Banyaknya material bangunan rumah yang terbuat dari bahan kayu membuat kobaran api terus membesar.

Warga yang rumahnya berdekatan di sekitar lokasi kebakaran terlihat panik berhamburan keluar rumah dengan menyelamatkan barang berharga milik mereka.

Sebagian warga juga tampak berusaha memadamkan kobaran api dengan alat seadanya.

Dan Sekitar pukul 19:45 Wita 2 Unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan memadamkan kobaran Api yang juga dibantu oleh warga sekitar dengan alat seadanya



Berdasarkan Laporan dari Babinsa Desa Jia Anggota Koramil 1608-03/Sape (Pak Ruslan) Bahwa Akibat dari Kebakaran tersebut menyebabkan kerugian diperkirakan Rp.75.000.000 (Tujuh Puluh Lima Juta Rupiah) dengan Rincian sebagai berikut:

- Korban Jiwa : Nihil 

- Korban Material: Seluruh Perabot Rumah Tangga Hangus terbakar

- 1 Unit Rumah Panggung 9 Tiang terbakar dan rata dengan tanah 

- 1 Unit Rumah Panggung 9 tiang Rusak ringan 



Terkait masalah ini Pemerintah Desa Jia Kecamatan Sape langsung melakukan  koordinasi dan komunikasi kepada Pemerintah Kecamatan dan juga Pemerintah Kabupaten Bima untuk segera memberikan pertolongan pertama dan bantuan tanggap darurat.

Penyebab kebakaran saat ini tengah dalam penyelidikan pihak berwajib namun diduga penyebab kebakaran berasal dari korsleting arus listrik dari salah satu rumah warga.

Pasca Kebakaran terjadi situasi Di Desa Jia Kecamatan Sape Alhamdulillah dalam keadaan Kondusif.

(Arf Sp/MDG.04)

Load disqus comments

0 comments