BRIDA Dan Peneliti Universitas Muhammadiyah Bima Bahas Pengelolaan Arsinum


Kota Bima, Media Dinamika Global.id~ Rencana pengelolaan Air Siap Minum (Arsinum) yang digagas BRIDA Kota Bima kini Tengah ditindaklanjuti, BRIDA Kota Bima telah menyiapkan nota Kerjasama dengan kampus Universitas Muhamamdiyah Bima (UMB). Senin (30/10/2023) 

Kepala BRIDA Kota Bima, Adhi Aqwam, ST, M.Eng, M.Sc, membahas soal persiapan itu dengan Ketua Lembaga Penelitian UMB Sudarmin dan juga salah satu dosen kampus tersebut, Israjunna,ST.

Kepala BRIDA Kota Bima, Adhi Aqwam yang didampingi Kepala Bidang Pengembangan dan Pemanfaatan Riset (PPR) BRIDA, Fahrul Annas, SE, menjelaskan, soal tindak lanjut rencana pengelolaan Arsinum di Kota Bima pihaknya akan menggandeng berbagai pihak, Langkah awal di antaranya dengan menggandeng pihak UMB membahas bersama tentang tekhnis pelaksanaan dari kedua belah pihak. 

“Sebenarnya Kita mendapatkan informasi dari UMB telah melakukan riset tentang pengelolaan air bersih, hanya saja dengan adanya rencana ini Kita akan mencoba merancang system yang akan kita terapkan,” ujar dia.

Konsep pengelolaan Arsinum sebenarnya memiliki beberapa opsi, diantaranya soal bagaimana mendapatkan air, apakah menggunakan system penampungan air hujan atau membuat sumur bor,  jika opsi pertama diterapkan. Jelasnya 

Maka perlu persiapan bak penampungan di sejumlah titik, sementara masalah kekurangan air bersih bagi warga di Kota Bima kerap terjadi saat musim kemarau tiba. 

“Jika musim hujan, air Kita melimpah, yang perlu Kita pikirkan sekarang bagaimana mengatasi kesulitan air warga pada saat musim kemarau seperti saat ini,” jelasnya.

BRIDA sebagai badan yang menangani soal Riset dan Inovasi perlu memikirkan cara mengatasi krisis air bersih Ketika musim kemarau tiba, untuk mengatasi hal semacam ini pemerintah jelasnya perlu membuka komunikasi dengan pihak lain, seperti membangun Kerjasama dengan pihak kampus atau Lembaga lain yang konsen menangani masalah air bersih. “Hasil pembicaraan dalam rapat tadi, Kita telah sepakat membangun Kerjasama tersebut, saat ini Pihak Kampus UMB sedang merancang Nota kesepahaman tersebut,” bebernya.

Ketua Lembaga Penelitian UMB, Sudarmin menyatakan pihaknya siap menjalin Kerjasama soal pengelolaan arsinum dengan BRIDA, konsep pengelolaan air bersih ujar dia menjadi salah satu penelitian pihak kampus. “Kita sangat merespon konsep pengelolaan air bersih yang diinisiasi BRIDA Kota BIma, di internal Kita sebenarnya sudah ada penelitian tentang hal ini dan menjadi salah satu syarat akreditasi,” bebernya.

Rancangan kesepakatan Kerjasama atau MoU itu masih dibahas antara pihak Lembaga kampus dengan BRIDA Kota Bima, dalam kesepakatan tersebut akan tertuang semua yang perlu dilakukan antara keduanya. “Rancangan kerjasama perlu pembahasan lebih lanjut,” pungkasnya.(sekjenMDG)

Load disqus comments

0 comments