BPD Bajo Pulau Sape Sukses Gelar Musyawarah Desa Penyusunan RKPDesa Tahun 2024


Sape Bima NTB.Media Dinamika Global.id Dalam Rangka Menindaklanjuti Pasal 22 ayat 4 Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa bahwa RKPDesa disusun pada bulan Juli tahun berjalan dan ditetapkan Palin lambat akhir bulan September tahun berjalan dan juga dalam rangka menindaklanjuti Surat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab.Bima, pada hari ini Kamis,10 Agustus 2023 Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang difasilitasi oleh Pemerintah Desa Bajo Pulau melaksanakan salah satu tahapan kegiatan proses Perencanaan Tahunan Desa yaitu Musyawarah Desa (Musdes) tentang Penyusunam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) untuk Tahun Anggaran 2024 yang di awali dengan Pembentukan Tim Penyusun RKPDESA Tahun Anggaran 2024.



Kegiatan Musdes dimulai pada pukul 09:30 Wita Bertempat di Aula Kantor Desa Bajo Pulau yang dihadiri langsung oleh Kepala Desa Bajo pulau beserta Perangkat Desa,Ketua BPD dan Anggota BPD,Pendamping Desa Kecamatan Sape, Babinsa, Bhabinkamtibmas,Bidan Desa,Kadus,RT dan RW.

Pengantar Ketua BPD Bajo Pulau 

Ketua BPD Bajo Pulau saat memberikan kata pengantarnya bahwa Rencana Kerja Pemerintah Desa adalah sebuah Dokumen Rencana kegiatan untuk 1 tahun kegiatan yang merupakan penjabaran dari RPJMDesa dalam merancang kerangka ekonomi desa serta mempertimbangkan prioritas pembangunan.

Ketua BPD juga menambahkan bahwa tujuan RKPDesa menjadi dasar penyusunan dokumen penganggaran desa,yaitu APBDESA yang di usulkan oleh Pemerintah Desa kepada Pemerintah Daerah.

" Saya berharap dengan dilakukannya RKPDesa ini, Pemerintah Desa nantinya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Tuturnya

Sambutan Kepala Desa Bajo Pulau 

Kepala Desa Bajo Pulau (Mahmudin Caco) berterimah kasih kepada BPD yang mana sudah menjadi mitra yang baik, bekerja sama dengan baik dan bersinergi untuk meningkatkan pembagunan, perekonomian serta kesehatan yang ada di pemerintah desa.

tanpa adanya dukungan dari semua pihak pemerintah desa tidak akan maksimal dalam semua hal. Saya meminta untuk seluruh yang hadir pada pagi hari ini dan masyarakat hendaknya bersama-sama untuk meningkatkan kemajuan desa serta kerja sama, bergotong royong, menjalin komunikasi yang baik, sehinnga kedepannya desa kita menjadi lebih baik dari sisi pembangunan, serta pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM). Tutur Kades

Sambutan Pendamping Desa Kecamatan Sape 

Pantauan awak media Pendamping Desa Kecamatan Sape juga menuturkan bahwa berkaitan dengan usulan usulan yang masuk hari ini semua sudah di tampung dan catat oleh pemerintah desa dan Tim RKPDESA yang telah dibentuk namun tidak semua usulan akan terealisaikan semua di tahun ini, oleh sebab itu saya harap pengertian dan kerja samanya.

"Terima kasih saya ucapkan kepada BPD, Pemerintah Desa yang sudah melaksanakan Rencana Kerja Pemerintah Desa tahun anggaran 2024, semoga kita semua di berikan kemudahan dalam melaksanakannya". imbuhnya.

Alhamdulillah Musyawarah Desa (Musdes) oleh BPD pada hari ini telah berlangsung dengan lancar,tertib dan sukse.(Arf Sp/MDG.04)

Load disqus comments

0 comments