Pemkot Bima Ikuti Vicon Pembagian Bendera Merah Putih Oleh Kemendagri


Jum'at, 07 Juli 2023 

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum & Politik M. Nur Majid mengikuti Vicon Rapat Koordinasi Pelaksanaan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2023, bertempat di Ruang Rapat Wali Kota Bima, Jumat, 7 Juli 2023.

Dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum & Politik didampingi oleh Kaban Kesbangpol dan Staf Kominfotik.

Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih merupakan suatu program yang dicanangkan oleh Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri, dalam rangka menyemarakkan HUT RI yang Ke-78

Pembagian Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih tersebut dilaksanakan oleh Badan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota melalui Badan Kesbangpol Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia, yang bertujuan untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan rasa Nasionalisme seluruh Masyarakat Indonesia.

Drs. Syarmadani, M.Si selaku Direktur Jendral Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri menyampaikan bahwa Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih dilaksanakan dengan pemikiran bahwa bendera merah putih merupakan identitas, simbol, dan alat pemersatu masyarakat Indonesia.

"Maka dari itu Gerakan ini menggalang partisipasi masyarakat, baik secara pribadi, kelompok, organisasi kemasyarakatan, unsur Pemerintah, maupun swasta di seluruh Indonesia," ujarnya.

Beliau memerintahkan kepada seluruh provinsi se-Indonesia agar segera melaporkan jadwal launchingnya kepada Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri dalam bentuk surat sebagai bahan evaluasi bagi seluruh Provinsi Kabupaten dan Kota dalam merespon Program Bendera Merah Putih ini.

"Kesbang saya harap untuk lebih aktif lagi dalam menginisiasi dalam pembagian bendera, jadi dimohon segera melaporkan jadwal launching atau pencanangan deklarasi pembagian bendera merah putih di kota masing-masing," pintanya.

Menanggapi hal tersebut Kaban Kesbangpol Muhammad Hasyim, S.Sos., S.H., M.Ec., Dev menyampaikan bahwa akan merencanakan pendistribusian bendera merah putih ke tingkat kecamatan pada awal bulan agustus mendatang.

"Pendistribusian bendera kami rencanakan awal bulan agustus, dimulai dari tingkat kecamatan kemudian di distribusikan ke tingkat kelurahan, dan dari kelurahan akan di distribusikan ke tingkat RT/RW," ucapnya.

Menanggapi tanggal pasti jadwal launching, kabag kesbangpol masih belum bisa memastikan dikarenakan masih banyak persiapan yang belum diselesaikan.

"Untuk jadwal tanggal dan tempat launching belum di tentukan, kami masih akan melakukan rapat koordinasi kembali," ujarnya.(SekjenMDG)

Load disqus comments

0 comments