KAPOLRI PANTAU ARUS BALIK DI KM 70


Jabar - Media Dinamika Global.Id.-Dikarenakan peningkatan arus mudik maka diprediksi akan ada 230 ribu kendaraan perhari yang akan melintas pada arus balik, sehingga harus ada strategi untuk menghadapi hal tersebut.

Strategi yang diterapkan mulai dari pengaturan rekayasa lalu lintas sampai  pengaturan jalur keluar tol 

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo mengatakan berkat imbauan tak balik pada puncak arus balik, prediksi kendaraan yang menuju Jakarta turun 13 persen.

Seperti diketahui, pemerintah memprediksi puncak arus balik terjadi pada 24 hingga 25 April 2023.

"Kita lihat dari hasil rapat tadi, imbauan teraebut saya liat cukup berdampak. Penghitungan tadi, terjadi penurunan 13 persen dari angka semula," kata Kapolri di Rest Area Km 70,  Selasa (25/04/2023).

Jenderal Listyo berharap, esok hari pada Rabu (26/4/2023) angka 13 tersebut dapat bertahan. Ia juga berbarap masyarakat yang akan kembali bisa terdistribusi pada hari-hari lainnya.

"Mudah - mudahan ini bisa mengurai puncak arus balik sehingga menghindarkan masyarakat dari krodit, kemacetan luar biasa yang bisa mengganggu perjalanan masyarakat yang akan kembali ke Jakarta," ujarnya.


Kapolri bersama jajarannya telah melihat kesiapan sejumlah rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan di Km 66 tol Jakarta - Cikampek (Japek). Mulai dari onw way, contraflow, dan pemanfaatan jalur Cisumdawu.

"Kemudian memecah yang akan masuk dari arah Bandung menuju Km 66 lewat Japek Selatan. Ini adalah alternatif - alternatif yang telah dipersiapkan," ujarnya.

Untuk menghindari puncak arus balik pemerintah memberikan cuti tambahan bagi ASN, TNI, Polri dan BUMN.

Kapolri juga memerintahkan anggotany untuk mengawal.arus balik mudik hingga minggu (30/4/2023) karena adanya pergeseran.

Kapolri menyatakan kegiatan masyarakat di wilayah aglomerasi Jateng dan Jabar masih tinggi karena masyarakat memanfaatkan waktu mengunjungi tempat wisata atau halal bihalal.

Oleh karena itu jalur arteri mendapatkan beban yang lebih tinggi karena adanya kegiatan masyarakat.

Kapolri juga menyarankan masyarakat memanfaatkan discon tarif tol selama arus balik berlangsung.

(Humas Polda Jabar/Morex Bima 05).

Load disqus comments

0 comments