Duduk Perkara Anggota TNI Rusak Pos Pam Idulfitri di Kupang dan Bakar Mobil Patroli


NTT - Media Dinamika Global.Id.- Sejumlah anggota TNI yang belum diketahui kesatuannya menyerang sejumlah fasilitas milik polisi, Rabu (19/4) malam. Penyerangan ini diduga dipicu saat pertandingan futsal antara tim dari Polda NTT dan tim P dan K Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang digelar di GOR Oepoi Kupang.

Kapolda NTT Irjen Pol Johnny Asadoma mengatakan, peristiwa itu hanya kesalahpahaman. Menurut Johnny, polisi langsung mengambil tindakan-tindakan pencegahan agar kejadian tersebut tidak meluas. 

"Kami ingin menyampaikan informasi tadi malam ada kesalahpahaman atau kles atau bentrokan antara oknum anggota TNI dan Polri di lapangan, saat pertandingan final futsal di GOR Oepoi Kupang. Kami sudah laksanakan tindakan-tindakan pencegahan sejak tadi malam. Seluruh unsur-unsur pimpinan di Kupang langsung gelar rapat terbatas," kata Johnny saat menggelar konferensi pers, Kamis (20/4). 

Menurut Johnny, saat pertandingan futsal tersebut terjadi kesalahpahaman. Salah satu anggota melompat ke dalam pinggir lapangan pertandingan dan terjadi bentrokan, antara anggota Polri dan anggota POM TNI.

Kejadian itu tidak berhenti di sana. POM TNI yang saat itu bertanggungjawab terhadap pengamanan langsung meminta kepada panitia agar menghentikan pertandingan.

"Pertandingan yang baru dilaksanakan babak pertama langsung dihentikan, karena akan menimbulkan kekacauan. Mungkin gambar atau video-video kejadian di GOR telah tersebar, sehingga mungkin teman-teman TNI yang lain tidak tahu permasalahan itu datang, dan terjadi kesalahpahaman tersebut," jelas Johnny.

Dia menambahkan, setelah kejadian tersebut polisi bersama unsur lainnya langsung melakukan pertemuan darurat agar bentrokan tidak meluas. Mereka juga menyepakati bersama sejumlah rekomendasi yang dibahas dalam rapat darurat itu.

Terdapat tujuh rekomendasi yang disepakati bersama yaitu, pembentukan tim investigasi dari TNI-Polri, untuk mengusut tuntas permasalahan yang terjadi secara transparan.

TNI dan Polri berkomitmen untuk menindak secara tegas terhadap anggotanya yang terlibat, serta seluruh penindakan akan diserahkan kepada masing-masing kesatuan.

Komitmen ketiga, seluruh pos pam idul fitri yang dirusak tadi malam akan dibangun bersama oleh TNI dan Polri. Kemudian seluruh pos pam idul fitri akan dijaga bersama oleh anggota TNI maupun Polri. Yang kelima akan melaksanakan patroli gabungan dengan tujuan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

"Yang keenam kita akan lakukan imbauan kepada seluruh anggota TNI dan Polri agar menahan diri, tidak melakukan tindakan-tindakan provokatif dan tidak terpancing hasutan-hasutan, serta tidak melakukan tindakan kriminalitas," tegas Johnny.

Sedangkan komitmen bersama yang ketujuh akan melakukan proses hukum dengan memanggil, memeriksa panitia yang tidak mengantongi izin penyelenggaraan pertandingan futsal. Serta pengamanan pertandingan tidak melibatkan Polri yang dianggap sebagai kelalaian panitia.

Kami TNI dan Polri akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat NTT. Kami telah berkomitmen untuk mencegah kejadian seperti ini terulang lagi," tutup Johnny.

( Morex Bima 05).

Load disqus comments

0 comments