Arus Balik Lebaran, Pelabuhan Bakauheni Mulai Dipadati Pemudik


Bandar Lampung, Media Dinamika Global.id. ~ Memasuki masa arus balik libur Lebaran 2023, pemudik di Pelabuhan Bakauheni mulai meningkat. Dari data PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni menyebut, puluhan ribu pemudik dari Sumatera telah melakukan penyeberangan ke Pulau Jawa.

Tercatat 30.668 pemudik baik pejalan kaki maupun yang berada di dalam kendaraan sejak kemarin telah melakukan penyeberangan. Sebaliknya, sebanyak 66.992 pemudik dari Pulau Jawa masuk ke Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Syaiful Harahap mengatakan pada hari H Lebaran terpantau pergerakan penumpang dan kendaraan di lintas Bakaheun-Merak ramai dari dua sisi.

"Dari catatan kami, pada H lebaran jumlah pemudik meningkat dari tahun sebelumnya. Kemarin dari data kami tercatat ada 30.668 pemudik melakukan penyeberangan ke Jawa, jumlah ini naik 3 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 29.674 orang," kata dia, Minggu (23/4/2023).

Syaiful menyatakan pada H+1 hingga H+7 yang dimulai Senin esok, jumlah pemudik yang akan melakukan arus balik diprediksi akan terus bertambah.

"Mulai Senin besok hingga nanti H+7 pergerakan arus balik dipastikan akan terus terjadi," ujarnya.

Syaiful menuturkan, dimulai sejak tanggal 24 April 2023 hingga 30 April 2023 Pelabuhan Bakauheni akan melayani penyeberangan pejalan kaki, kendaraan roda dua, roda empat, bus, dan truk golongan VB.

Sedangkan untuk pelayanan kendaraan truk golongan VI B, VII, VIII, dan IX akan dilakukan melalui Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Indah Kiat. Kemudian, tambahan layanan kendaraan roda dua juga akan dilakukan melalui Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Ciwandan terhitung sejak tanggal 29 sampai 30 April 2023.

"Sesuai arahan dari Kementerian Perhubungan, akan dilakukan pengalihan pelayanan pelabuhan sesuai tipe kendaaran. Penyeberangan pada lintas Bakauheni-Merak akan diberlakukan aturan khusus untuk setiap golongan kendaraan. Jadi nanti untuk kendaraan roda yang akan melakukan penyeberangan ke Pelabuhan Ciwandan itu baru di buka pada H+6 dan H+7," urainya.

Load disqus comments

0 comments