Obat Untuk Mengatasi Luka Ringan


Media Dinamika Global.id.  - Luka kecil akibat goresan pisau atau terjatuh dari sepeda dapat diobati dengan perawatan rumahan. Umumnya, obat untuk mengatasi luka ringan adalah salep antibiotik yang dapat mencegah infeksi. 

 Namun, untuk luka yang dalam, berdarah banyak, atau ada sesuatu yang tertanam di dalamnya, membutuhkan penanganan medis yang serius. Cara mengatasi luka ringan Dilansir dari  berikut adalah cara mengatasi luka ringan: 1. Bersihkan luka Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci tangan dengan sabun dan air.  Mengapa Luka Kemudian, bersihkan luka dengan air dingin untuk menghilangkan kotoran dan debu.  

Arahkan area yang terluka di bawah air mengalir atau tuangkan air bersih di atasnya secara perlahan. Tidak perlu menggunakan larutan pembersih yang lebih kuat, seperti hidrogen peroksida, yodium, atau alkohol gosok, untuk mengobati luka kecil dan goresan karena dapat mengiritasi luka.  

Air bersih yang dingin seharusnya cukup untuk membersihkan luka kecil.  2. Hentikan pendarahan  Luka dan lecet yang kecil biasanya berhenti berdarah dengan sendirinya. 

Untuk Sembuhkan Luka Pasien, Luka di kepala atau tangan biasanya mengeluarkan lebih banyak darah karena area tersebut memiliki banyak pembuluh darah. Untuk menghentikan pendarahan, berikan tekanan langsung dengan lembut menggunakan kain bersih atau kain kasa.  

Tahan kain tersebut untuk beberapa waktu. Jangan mengangkat kain atau kasa untuk memeriksa luka karena bisa menyebabkan luka berdarah lagi.  Jika darah merembes melalui kain, cukup tambahkan lebih banyak oil di atasnya dan terus berikan tekanan.  

Jika luka ada di tangan atau lengan, mengangkatnya ke atas kepala dapat membantu memperlambat pendarahan.  Jika luka menyemburkan darah atau tidak berhenti berdarah, segera dapatkan bantuan medis. Baca juga: Bisa Sebabkan Kematian, Begini Cara Menangani Luka Tersambar Petir 3. 

Tutupi luka  Setelah pendarahan berhenti dan lukanya bersih, segera tutupi luka dengan perban steril atau kain kasar dan selotip.  Jika lukanya kecil dan berada di area yang tidak akan kotor dan tergesek oleh pakaian, luka tersebut dapat dibiarkan terbuka.  

Tetapi, untuk sebagian besar luka, ada baiknya untuk menutupinya agar membantu mencegah infeksi atau membuka kembali luka.Ganti balutan atau Obat ini setiap hari atau lebih sering jika kotor. 

Gunakan antibiotik untuk mengurangi kemungkinan infeksi. Menggunakan sedikit salep antibiotik sebelum mengoleskan perban atau pembalut kasa juga membantu menjaga luka tetap bersih dan lembap sehingga dapat mengurangi jaringan Luka Parut.

Dan luka Berat Tanpa efek samping, kalau Pelanggan yang mau beli ada di Klinik Kabupaten Dompu.

Load disqus comments

0 comments