Turut Andil Dalam Pembangunan Desa, Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Hadiri Kegiatan Musrenbang Desa Binaan


SINTANG. Media Dinamika Global. Id. – Dalam rangka mendukung dan memberikan saran serta masukan bagi pembangunan di wilayah desa binaan, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani Pos Koki Nanga Bayan SSK III yang diwakili oleh Danki Lettu Arm I Gede Bagus Tomy menghadiri kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang ) Desa Nanga Bayan, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Senin, 30 Januari 2023.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Dansatgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani, Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, S.Sos., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Makotis Badau, Senin (30/01/2023).

Dansatgas mengatakan bahwa Musrenbang Desa adalah suatu mufakat dalam rangka Pembahasan dan penyepakatan Rancangan RKP Desa tahun ini dan penyepakatan Daftar Prioritas Usulan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun berikutnya yang akan diusulkan melalui Musrenbang Kecamatan yang akan dilaksanakan tiap tahunnya.

“Demi memberikan saran serta masukan yang tentunya demi kebaikan dan kemajuan di Desa binaannya, Danki Pos Nanga Bayan SSK III turut andil dalam kegiatan Musrenbangdes tersebut. Diharapkan dengan turut hadirnya perwakilan dari Satgas Pamtas dapat membantu memberikan solusi serta sumbangsih pemikiran demi kebaikan bersama di Desa Nanga Bayan,” Ujar Dansatgas.

Dalam kegiatan Musrenbangdes dapat menampung segala aspirasi dan juga masukan baik dari pejabat Desa serta masyarakat yang turut hadir dalam kegiatan tersebut. Seperti yang berbunyi dalam UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, memandatkan bahwa Desa berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat. Karenanya Desa juga berwenang untuk mengatur penetapan prioritas penggunaan Dana Desa, penggunaan tersebut tentunya atas dasar saran dan masukan dari Masyarakat Desa setempat.

Ditempat terpisah, Danki Pos Nanga Bayan SSK III Lettu Arm I Gede Bagus Tomy menyampaikan kehadiran masyarakat dan juga perangkat des aini merupakan ajang untuk menyalurkan aspirasi yang tentunya untuk membangun desa menuju lebih baik lagi.

“Menurut saya, Musrenbang adalah wadah bagi masyarakat Bapak/Ibu dalam menyampaikan aspirasi, kritik dan saran terhadap program pemerintah tentunya untuk kepentingan publik bukan kepentingan pribadi.” Pungkas Tomy.

Load disqus comments

0 komentar