Rapat Koordinasi Keluarga Besar MAN 2 Mataram di Hotel Pesona Rinjani Sembalun Lombok Timur


Lombok Timur. Media Dinamika Global-id. MAN 2 Mataram kembali dilaksanakan rapat koordinasi, Kali ini bertempat di Hotel Pesona Rinjani Sembalun Lombok Timur. Semula kegiatan ini akan dilaksanakan di wilayah Bromo Jawa Timur. Tetapi karena situasi dan kondisi alam yang kurang mendukung, akhirnya dipilih lokasi di pulau Lombok yakni di lereng gunung Rinjani yang tak kalah mempesona. Jum'at, (20/01/23)

Hadir dalam kegiatan itu adalah Bapak Kepala Kantor Kemenag Kota Mataram. Drs. H. Hariyadi Iskandar, Ketua Komite Madrasah dalam hal ini diwakili oleh sekretaris Komite; Mamiq H. Lalu Akram. 

Kegiatan diawali dengan sambutan selamat datang dari Kepala Madrasah. Dalam sambutannya, Kamad menjelaskan tentang agenda Rakor secara umum. Setelah acara pembukaan, akan dilakukan pemaparan materi dari kelima Waka disertai dengan pemaparan program kerja masing-masing. Kemudian peserta akan dibagi ke dalam divisi-divisi untuk merancang atau membuat draft program kerja, baru kemudian masing-masing divisi akan mempresentasikan hasil diskusinya.

Menurut Kamad, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun untuk mempererat jalinan silaturrahim serta untuk memberikan iklim baru dalam menjalankan tugas keluarga besar MAN 2 Mataram. Alasan dipilihnya lokasi Sembalun sebagai tempat kegiatan Rakor adalah untuk memberikan semangat baru (refreshment) serta memberikan tempat yang tenang untuk merancang program-program spektakuler di masa yang akan datang bagi peserta sehingga dalam melaksanakan tugas-tugas atau amanah yang diembankan negara kepada mereka dapat dilaksanakan secara baik dan profesional, urainya.

Rakor juga merupakan salah satu bentuk tanggungjawab Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menjalankan berbagai aktivitasnya.Tidak lupa Kamad mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Kepala Kantor Kemenag Kota Mataram; Bapak Drs. H. Hariyadi Iskandar beserta rombongan yang telah berkenan hadir di lokasi.

Kamad berharap Bapak Kemenag dapat membuka kegiatan secara resmi, sekaligus memberikan pembinaan kepada peserta dan sangat berharap Bapak Kamenag dan rombongan dapat mengikuti semua rangkaian agenda rakor sampai selesai.

Tentu Kamad juga menginginkan kegiatan ini bisa membawa kebermanfaatan bagi semua warga madrasah dalam mewujudkan teamwork yang solid menuju madrasah mandiri, menginspirasi dan mendunia. Kita harus mampu menjadi tim yang solid dan mampu menginspirasi madrasah lainnya, tuturnya.

Selanjutnya Rapat Koordinasi dibuka secara resmi oleh Bapak Kepala Kantor Kemenag Kota Mataram sekaligus memberikan pembinaan. Dalam uraiannya Bapak Kemenag lebih menekankan kepada pentingnya koordinasi di sebuah lembaga seperti MAN 2 Mataram. Adanya koordinasi ini tidak lain adalah untuk menjaga kekompakan dan kinerja dalam mendukung perkembangan lembaga, urainya.

Bermusyawarah merupakan penciri masyarakat Indonesia untuk mendiskusikan atau menyelesaikan setiap permasalahan. Bapak Kemenag berpesan jangan sekali-kali terjebak dalam zona zaman. Karena jika demikian, kita akan terlena dan lengah serta akan mengalami stagnasi (jalan di tempat) tanpa menyadari bahwa orang lain sedang giat-giatnya berbenah. Karenanya, kegiatan Rapat Koordinasi ini sangat bagus dilakukan, tuturnya.

Agenda dilanjutkan dengan diskusi pembahasan program kerja dari masing-masing Wakil Kepala Madrasah bidang Akademik, Kesiswaan, Kehumasan, Keagamaan dan Sarana dan Prasarana. Selanjutnya peserta dibagi ke dalam divisi-divisi. Untuk diketahui selain jajaran Waka, peserta merupakan perwakilan dari unsur Penjamin Mutu (Akademik, Non Akademik dan Keagamaan), Kepala Laboratorium (Bahasa, Biologi, Kimia, Fisika, Agama, Komputer, Multimedia), Pembina 30 Ekstrakurikuler, Wali Kelas, Guru Mata Pelajaran, Tim ZI (Zona Integritas) dan Guru Tamu dari Universitas Al-Azhar Kairo Syeikh Alaa Kamal Ahmed Osman.

Pembagian divisi menurut Ketua Panitia Dr. Siti Rahmi, M.Pd. dimaksudkan untuk memudahkan koordinasi dan dapat dipresentasikan dalam waktu yang sudah ditentukan. (MDG 003)

Load disqus comments

0 komentar