Dukung Program Ketahanan Pangan, Kodim 0602/Serang Lakukan Budidaya Lele Bioflok dengan Aplikasi Bios 44


Serang. Media Dinamika Global. Id.- Kodim 0602/Serang terus berupaya mendukung berbagai program Pemerintah untuk masyarakat. Dalam bidang ketahanan pangan misalnya, salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui budidaya Ikan Lele Bioflok dengan mengaplikasikan cairan Bios 44.

Hal itu diungkapkan oleh Komandan Kodim (Dandim) 0602/Serang, Letkol Arm Fajar Catur Prasetyo saat ditemui di Makodim 0602/Serang, Senin (9/1/2023).

"Kami ingin mengimplementasikan kebijakan bapak Kasad, bagaimana TNI berperan aktif menjadi motor dalam bidang ketahanan pangan. Salah satunya melalui budidaya ikan lele bioflok dengan mengaplikasikan cairan Bios 44 ini," katanya.

Cairan Bios 44 ini, lanjutnya adalah salah inovasi dari Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo. 

"Kita bisa lihat bagaimana cairan Bios 44 ini berpengaruh luar biasa terhadap perkembangan lele di mana metabolisme lele itu menjadi lebih baik dan cepat besar," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dandim 0602/Serang menuturkan budidaya ikan lele bioflok tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan bukan hanya Prajurit TNI dan PNS Kodim 0602/Serang, akan tetapi masyarakat di sekitar.

"Budidaya lele ini dilakukan sebagai sumber pemasok utama produk rice bowl bermerk ChiLe yang diinisiasi dan dijual dengan harga murah yang pas untuk semua kalangan. Jadi budidaya lele ini adalah hulu dan ChiLe merupakan hilirnya. Kita kelola ini semua agar memberikan kesejateraan untuk semua," tambahnya.

Diketahui, budidaya ikan lele bioflok yang dilakukan oleh Kodim 0602/Serang menggunakan pakan yang dikelola oleh ASR Farm Banten berupa limbah melalui pengaplikasian BIOS 44. (Pendim 0602/Serang).

Load disqus comments

0 komentar