8 Desa Kec.Sape Gelar Pelatihan Bersama Peningkatan Kapasitas Pemdes dan BPD Ta.2022


Sape Bima NTB.Media Dinamika Global.id  Untuk Meningkatkan Kapasitas dan kinerja yang baik bagi aparatur pemerintah desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada hari ini Kamis,05 Januari 2023 yang bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Kec.Sape gabungan dari 8 Desa yang ada di Kecamatan Sape Kabupaten Bima NTB Menggelar Kegiatan Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa yaitu Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Pemerintah Desa dan BPD Dana Desa Ta.2022.




Pantauan awak Media Demi Suksesnya Kegiatan pelatihan peningkatan Kapasitas Gabungan 8 Desa ini telah membentuk panitia Kecil dengan Ketua Panitia Sekretaris Desa Naru Barat (Iskandar Julkarnain.ST) sekaligus sebagai ketua Forum Sekretaris Desa Se Kecamatan Sape dan Sekretaris Panitia Bapak Rusdin Basrah.SH (Sekdes Sari).

8 Desa kecamatan Sape  yang bergabung pada hari ini yaitu Desa Naru Barat,Desa Parangina, Desa Sari,Desa Tanah Putih,Desa Jia,Desa Boke,Desa Oi Maci dan Desa Sangia dengan menghadirkan Peserta di masing - masing yaitu Kepala Desa, Perangkat Desa,Ketua BPD dan Anggota BPD termasuk Gender BPD.

Turut Hadir juga pada  kesempatan sekaligus membuka acara dengan resmi yaitu Camat Sape (M.Akbar Musa.SP.M.Si) dan juga Para Pendamping Desa (PD /PLD) Kecamatan Sape

Sambutan Camat Sape Sekaligus Membuka Acara Dengan Resmi

Camat Sape dalam mengawali kata sambutannya menyampaikan ucapan Terimakasih yang sebesar besarnya kepada seluruh kepala desa se kecamatan yang sudah bersama sama mengamankan situasi pada malam pergantian tahun,sehingga pada malam tersebut tercipta kondisi yang aman dan nyaman tanpa terdengar suara kebisingan mulai dari knalpot racing, bunyi petasan,kembang api dan lain sebagainya.

Selanjutnya Camat Sape melalui kegiatan ini sangat berharap dapat memberikan manfaat yang baik bagi seluruh peserta Pelatihan Peningkatan Kapasitas, dapat meningkatkan kapasitas bagi aparatur pemerintah desa dan BPD,memperkuat wawasan dan memantapkan penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

Narasumber kegiatan pelatihan peningkatan Kapasitas Pemdes dan BPD 

Pantauan awak media pada kesempatan ini telah hadir 5 orang Narasumber pada instansi dan Dinas yang berbeda beda termasuk dari kepolisian.

Nampak terlihat masing - masing  Narasumber  menjelaskan secara detail terkait dengan materi yang di sampaikan yang dipandu langsung oleh sekretaris panitia kecil yaitu Sekretaris Desa Sari.

Untuk kesempatan pertama disampaikan oleh :

1.Bapak El.Faisal.SEI.MM (Kabid Penganggaran BPKAD) Kab.Bima menjelaskan tentang Tata Kelola Penyaluran Keuangan Desa (Prosedur Penyaluran Keuangan Desa).

2.Kemudian dilanjutkan dengan Bapak H.Adnan Jamal.S.Sos sekaligus Mewakili Inspektorat Kab.Bima menjelaskan tentang Kewenangan/Fungsi Pengawasan dan Pembinaan APIP dalam Pengelolaan Keuangan Desa Sesuai dengan Permendagri Nomor 73 Tahun 2020.


3.kesempatan ketiga dari Tipikor Polres Bima Kota (Aipda Syarif Rahman.SH) menjelaskan tentang Kewenangan / Fungsi Pengawasan dan Penindakan APH dalam Pengelolaan Keuangan Desa.

4. Kemudian dari Kabid Pemdes Dinas PMD Kabupaten Bima yaitu Bapak Safriatna ACH,S.Pt.MM dengan Materi tentang Proses Perencanaan, Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa.

5. Dan Pemateri Terakhir dari Ibu Siti Marjan,SH Kasi Pemerintahan Desa Dinas PMD Kabupaten Bima menjelaskan tentang kapasitas pengelolaan keuangan Desa.

Setiap materi yang disampaikan oleh masing masing Narasumber diselipkan dengan sesi tanya jawab dengan seluruh peserta.


Narasumber dari Tipikor Polres Bima Kota dan juga Inspektorat Kab.Bima sangat mengapresiasi kegiatan yang telah di gagas oleh panitia Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemdes dan BPD dan berharap semoga kegiatan ini dapat juga dilaksanakan pada tahun berikutnya dengan melibatkan 18 Desa Se Kecamatan Sape.


Alhamdulillah kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi pemerintah desa dan BPD dengan Gabungan dari 8 Desa yang ada di Kecamatan Sape telah berjalan dengan lancar,tertib dan sukses yang dilanjutkan dengan Foto bersama.(Arf Sp/MDG.04)

Load disqus comments

0 komentar