Pascasarjana UMMat Gelar Rapat Sekaligus Peresmian Pengiriman Dokumen Prodi Baru Magister Administrasi Publik


Mataram, Media Dinamika Global.Id.--
Kampus Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMat) menggelar Rapat pengiriman dukumen usulan pembukaan Program Studi (Prodi) baru Magister Administrasi Publik Pascasarjana dan resmi dilaunchingkan oleh Rektor UMMat melalui Wakil Rektor I, Dr. Syafril, S.Pd., M.Pd. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Ruangan rapat sekretariat Pascasarjana UMMat. Jum'at, (30/12/2022) sekitar pukul 09:00 Wita.


Tutur hadir dalam rapat tersebut, Rektor UMMat diwakili Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Direktur Pascasarjana dan jajaran kebawah, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Kampus UMMat, dan tim penyusun boran program studi magister administrasi publik serta Pascasarjana UMMat.

Direktur Pascasarjana (Megister) UMMat, Dr. Lukman, M.Pd menyampaikan, Renstra pascasarjana UMMat bahwa salah satu program pengembangan pascasarjana UMMat adalah menambah program-program magister yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan stakeholders, salah satu program magister yang dibutuhkan yaitu program magister administrasi publik, program diharapkan untuk menjawab permintaan alumni dan masyarakat secara luas baik lokal maupun nasional bahkan internasional untuk melakukan kolaborasi dalam pengembangan program ini.

"Pascasarjana UMMat telah melakukan kerjasama di tingkat lokal, nasional dan internasional baik di negara ASEAN, ASIA dan Eropa," ungkapan Direktur Pascasarjana UMMat usai peresmian dukumen oleh Wakil Rektor I.

Lebih lanjutnya, Program yang sudah dikembangkan oleh pascasarjana UMMat saat ini telah memiliki akreditasi, antara lain :
1. Program Magister Hukum.
2. Program Magister Ilmu Lingkungan.
3. Program Magister Pendidikan Dasar (Pendas). 
Salah satu program yang baru diusulkan adalah Program Magister Administrasi Publik.

"InsyaAllah, ke depan program-program tambahan akan segera menyusul seiring perkembangan SDM UMMat yang telah memiliki gelar doktor terus bertambah," ujar Pria Humanis asal Bima ini.

Sambung Doktor Lukman, Kami yakin dengan bekerjasama yang baik dalam internal dan eksternal pengembangan kapasitas pascasarjana akan terus meningkat.

"Kami juga berharap dan meminta dukungan masyarakat dan pemerintah untuk selalu kolaborasi dengan baik demi peningkatan kualitas SDM yang gemilang di masa yang akan datang," harap Doktor Lukman.

Dr. Syafril, M.Pd mengatakan, Berkaitan dengan Prodi baru Pascasarjana (S2) Magister Administrasi Publik UMMat, tentu berkaitan dengan kelayakan, tersedianya SDM, kurikulumnya ada, sarana dan prasarana serta keuangan ada juga. Itu menyakut hal-hal yang tidak terlalu dipertimbangkan oleh Rektor, Kalau S1 beberapa prodi sudah dimoterium kerena terlalu tumbuh Prodi di seluruh Indonesia.

"Kalau S2 mendukung sekali, apalagi di kampus kita ini sangat langkah dan kurang Magister Administrasi Publik, maka sangat berpotensial untuk dibuka, asalkan syarat-syaratnya dan dokumennya terpenuhi," ucap Wakil Rektor UMMat.

Sambungnya, dia mengapresiasi kinerja Direktur Pascasarjana dan jajaran kebawah sudah berkerja keras mengembangkan institusi atau Lembaga Kampus UMMat dan menjadi tanggung jawab bersama.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Pascasarjana atas pencapaian dan kerjanya sudah  posisitif akan hadir prodi baru Magister Administrasi Publik," pungkasnya.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Kampus UMMat, Dr. Junaidin, M.Pd mengatakan, Penambahan Program Studi Baru di Pascasarjana UMMat merupakan sebuah keharusan menuju perubahan, Prodi yang diusulkan adalah magister Ilmu Administrasi  Publik. Harapan kedepan bagi Alumni S1 Ilmu Administrasi Publik dapat melanjutkan kualifikasi pendidikan pada magister Ilmu Administrasi Publik.

"Alhamdulillah pada Jum'at tanggal 30 Desember 2022 ini telah secara resmi dikirim pengajuan ijin perasional pada Aplikasi Sistem Informasi Kelembagaan (SUAGA)," ungkapan Doktor Junaidin.

Pantauan Langsung media ini, diujung pertemuan ini, Wakil Rektor I, Dr. Syafril, M.Pd pengiriman dokumen magister administrasi publik Pascasarjana UMMat secara resmi. (Surya Ghempar).
Load disqus comments

0 komentar