Suryadin : Honorer NAKES Dompu Sebagai Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan


Dompu NTB. Media Dinamika Global. Id. -Honorer NAKES Dompu Sebagai Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan Oleh: Suryadin ( Guru Gale ) Sekretaris LPPN ( Lembaga Pengawas Pejabat Negara ) Propinsi NTB 

Pentingnya Nakes Paska Pulih dari Covid-19 Menyadarkan Seluruh Lapisan Masyarakat Akan Pentingnya Peran Tenaga Kesehatan Dalam Keberlangsungan Suatu Negara.

Selama Kurang Lebih Dua Tahun, Kita Menyaksikan Sendiri Perjuangan Para Nakes Yang Pasang Badan Di Medan Perang Melawan Covid. Hingga Akhirnya, Tercatat Lebih dari 2.000 Nakes Yang Gugur Menjadi Pahlawan Demi Menyembuhkan Masyarakat.

" Saya rasa Kita Semua Sepakat dengan Pepatah " Mencegah Lebih Baik dari Pada Mengobati " Di Indonesia Sendiri, Tahun 2021 tercatat 3 Penyakit Yang Paling Menggerogoti dana BPJS adalah Penyakit Jantung, Kanker dan Stroke, Tiga Penyakit Tersebut dan Pengeluaran triliunan Uang Masyarakat Sebenarnya bisa di cegah Dengan gaya Hidup Sehat. 

Inilah Pentingnya Edukasi Nakes Terhadap Masyarakat Akan Budaya Hidup Sehat.

Peran Edukasi Nakes Telah Disampaikan Dalam Undang-undang ( UU ) Tentang Tenaga Kesehatan ( UU No.36 Tahun 2014). UU Tersebut Secara Tegas Menyatakan Bahwa, " Tenaga Kesehatan Memiliki Peranan Penting Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Yang Maksimal Kepada Masyarakat Agar Masyarakat Mampu Untuk Meningkatkan Kesadaran, Kemauan, dan Kemampuan Hidup Sehat.

Sehingga Akan Terwujud Derajat Kesehatan Yang Setingi-tingginya Sebagai Investasi Bagi Pembangunan Sumber Daya Manusia Yang Produktif Secara Sosial dan Ekonomi Serta Sebagai Salah Satu Unsur Kesejahteraan Umum Sebagaimana Dimaksud Dalam Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 194."

UU Tersebut Telah Jelas Menekankan Bahwa Peran Nakes Bukan Sebatas " PENYEMBUH " Namun Juga Sebagai " PENDIDIK " Masyarakat Untuk Menjalankan Budaya Hidup Sehat.

Pada Prinsipnya, Saya Mendorong Pemangku Kepentingan Di Kabupaten Dompu Untuk Memberikan Perhatian Penuh Kepada Sektor Kesehatan, Lebih Khusus Pada Tenaga Honorer Nakes "

" Lalu Apa Alasan Sejarah Pemerintah Khususnya Pemda Dompu Untuk Tidak Memperhatikan Honorer Nakes Yang ada di Dompu,, Ingat Kesehatan Itu Bukan Warisan." Semoga Pemda Dompu Mampu Memperjuangkan Nasib Honorer Nakes Di Kabupaten Dompu.(Gr. Gale MDG).

Load disqus comments

0 komentar