Selain Beri Bantuan Petani, Walikota HML, Minta Rakyat Petani Berantas bersama Penjual Pupuk Diatas HET.


Kota Bima. Media Dinamika Global-id. Pemerintah Kota Bima dibawah kendali Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (HML) memberikan bantuan untuk para petani di Kota Bima. Rabu,(30/11/22).

Bantuan yang diserahkan oleh Walikota HML tersebut adalah benih padi varietas cakra buana, corn sheller dan power threser multiguna, tanaman pisang, hidroponik, tanaman jahe merah, perluasan area tembakau, serta bantuan bibit pohon kelapa.

Bantuan tersebut melalui Dinas Pertanian Kota Bima menyerahkan bantuan kepada masyarakat tani di setiap kelurahan di Kota Bima.

Walikota HML secara langsung memberikan bantuan-bantuan tersebut kepada sejumlah masyarakat di Halaman Kantor Dinas Pertanian Kota Bima Rabu, 30 November 2022.

Turut hadir Asisten I Setda Kota Bima, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Penyuluh Pertanian serta Masyarakat Tani se-Kota Bima.

Walikota HML dalam momen tersebut sampaikan demi rakyat Petani menekankan kepada Dinas Pertanian untuk terus mengontrol terkait harga pupuk subsidi yang kian melonjak tinggi.

“Pemerintah harus hadir dalam persoalan para kaum tani di Kota Bima, oleh karena itu pak Kadis Pertanian lakukan. Kontrol terutama soal harga pupuk yang melambung tinggi, kita wajib rasakan kepedihan pada petani” ujar Walikota HML.

Walikota HML dalam membela kaum tani Kota Bima berharap kepada petani untuk berani melaporkan tindakan penjual atau distributor tersebut di E-Lapor atau pihak kepolisian.

“Kita tidak akan main-main dengan nasib para petani, segera Lapor melalui E-Lapor atau ke Aparat penegak hukum, kita akan kawal dan Tindak secara tegas” ungkap Walikota HML

Dengan adanya Command Center sebagai sarana warga Kota Bima, Walikota HML meminta pada Rakyat Petani agar Perankan RT yang ada, penjual tersebut harus diberantas bersama apabila menjual pupuk diatas Harga Eceran Tertinggi (HET,,red).

Para pelaku kejahatan khusus soal Pupuk bagi kebutuhan langsung para petani, Walikota HML berpendapat agar membuat jera para pelaku dalam hal ini demi kepentingan rakyat petani.

“Kita wajib lindungi petani kita dari praktek-praktek liar pelaku kejahatan pupuk” ungkap Walikota HML.

Tindakan itu perlu diambil karena akan berdampak baik sehingga tidak ada lagi pengecer yang menjual pupuk dengan harga tinggi.

Dalam kesempatan itu, Walikota HML berharap Dinas Pertanian Kota Bima terus melakukan koordinasi dengan Penyuluh Pertanian.

“Itu tugas pokok Kadis pertanian karena petani tidak mungkin bisa maju jika tidak mengikuti perkembangan teknologi saat ini, segera koordinasi yang baik dengan para penyuluh yang paham kondisi lapangan” tegas Walikota HML.

Ada nilai tersendiri dalam membela kepentingan petani, karena menurut Walikota HML Apabila petani di berdayakan secara utuh akan berdampak pada produktifitas hasil tani yang baik, maka pemerintah juga sukses mendorong mereka untuk Sebuah kemajuan daerah..

Kepala Dinas Pertanian Sulistiyanto, S.Pt mengungkapkan bahwa sektor pertanian di Kota Bima masih menjadi komoditas terbesar.

Meskipun sektor tanaman pangan memiliki kendala karena adanya alih fungsi lahan pemukiman dan jalan.

“Oleh karena itu, Dinas Pertanian Kota Bima akan menjaga produksi dan terus meningkat hasil pertanian hingga 7-8 Ton,” terangnya.

Kadis melaporkan bahwa Untuk produksi padi di Kota Bima hampir mampu memenuhi kebutuhan dan bisa menekan laju inflasi yang terjadi saat ini. (MDG 002).

Load disqus comments

0 komentar