Kodam XVIII/Kasuari Peringati Hari Pahlawan 2022, Mengenang Dan Menghormati Jasa Serta Perjuangan Para Pahlawan


Manokwari. Media Dinamika Global. Id. - Untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para Pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Kodam XVIII/Kasuari beserta seluruh jajaran, menggelar Upacara memperingati pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian dikenal dengan Hari Pahlawan, di Lapangan Upacara Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Kamis (10/11/2022).

Tema yang di usung dalam Hari Pahlawan Tahun 2022 ini yaitu “Pahlawanku Teladanku”. Upacara ini bertujuan membangun ingatan kolektif Bangsa agar dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur Pahlawan dalam kehidupan sehari-hari selain itu memperkuat persatuan dan kesatuan Bangsa dalam bingkai NKRI. 

Dalam amanat tertulis Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini yang dibacakan oleh Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Yusuf Ragainaga selaku Irup menyampaikan Hari Pahlawan setiap tahun diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup sebagai Bangsa dan Negara merdeka.

“Dengan hanya berbekal bambu runcing pun, para Pahlawan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan Pemenang Perang Dunia dengan persenjataan terbaiknya. Rakyat bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat dan Pemuka Agama berikut pengikut dan santrinya, bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau Mati,” ujarnya.

Dengan senjata, dengan pemikiran, dengan karya-karya nyata, para Pahlawan Bangsa telah mengajarkan bahwa Bangsa Indonesia bukan Bangsa Pecundang. 

“Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah, sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi, dengan tangan mengepal, dan dada menggelora. Dari Aceh hingga Papua, saya melihat dan merasakan geliat serta semangat untuk bangkit makin menyala. Masyarakat di mana pun berada menyuarakan gairah untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dalam arti yang luas,” tuturnya.

Disamping itu, teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku.

“Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan Bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai-nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” ajak Rismaharini dalam amanatnya. (Pendam XVIII/Ksr)

Load disqus comments

0 komentar