Pemerintah Desa Sumi berikan Pembekalan Bagi Tim Relawan Pemutakhiran Data IDM SDGs Desa Tahun Anggaran 2022


Lambu Bima. Media Dinamika Global. Id. -Dalam rangka persiapan pelaksanaan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Suistanable Development Goals (SDGs) Desa atau (tujuan pembangunan berkelanjutan desa) di Desa Sumi Kecamatan Lambu Sabtu (08/10/2022) mengadakan pembekalan.

Acara pembekalan ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Sumi yang dihadiri oleh 30 peserta yang dimulai pukul 10:00 hingga 15.00 WITA. Pesertanya terdiri atas Kepala Desa, perangkat desa, Pendamping Kecamatan, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan tim relawan pendataan masing-masing RT/RW. 

Kepala Desa Sumi Masrun M. Ali dalam sambutannya menyatakan bahwa " Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa data penduduk kita betul-betul otentik sesuai dengan fakta lapangan, capaian dan target kita akan lebih jelas melalui pendataan ini. Kepada relawan agar bekerja dengan teliti sehingga tidak ada satu orangpun yang terlewatkan dari pendataan ini" Harapnya. 

Acara ini mengundang Tenaga Ahli P3MD,  Susanto Saputro  sebagai narasumber pada pembekalan pemutakhiran data IDM.

Dalam pembekalan, tim pendataan dibimbing untuk mengisi lembar kuesioner dan dilatih untuk bisa input secara online hasil pendataanya melalui aplikasi SDGs Desa dari Kementrian Desa yang di install di hp android. 

Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detail lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan sehingga ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga. 

Tujuan SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian. 


Acara  diakhiri dengan sesi tanya jawab dan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.(Pian MDG)

Load disqus comments

0 komentar